Hari Kedua, Halal Fair-Halal Indonesia International Trade Show 2023 Dibanjiri Pengunjung

Jakarta, JNcom – Memasuki hari kedua, gelaran Halal Fair Series berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) dibanjiri lebih dari dua puluh ribu pengunjung yang antusias memburu produk muslim berkualitas dari dalam dan luar negeri serta mengikuti rangkaian workshop dan seminar bisnis.

Halal Fair – HIITS 2023 yang diselenggarakan Wahyu Promo Citra selama tiga hari hingga Ahad 10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, Banten, ini diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi, Mali dan Sudan.

Halal Fair – HIITS 2023, sebagai gelaran pamungkas tahun ini, juga mendukung upaya Indonesia menjadi global hub untuk pasar, industri dan ekosistem halal yang dicanangkan tahun 2024, oleh Pemerintah Indonesia melalui sejumlah stakeholders dalam pengembangan industri halal dan pemberdayaan UMKM.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Tito Maulana saat seremoni pembuka mengatakan, Halal Fair- HIITS ini menjadi ajang kerja sama perdagangan antarnegara Muslim, khususnya dalam pengembangan UMKM halal unggulan. Sejumlah exhibitor dari luar negeri antusias menyaksikan gairah belanja produk halal di Indonesia sangat besar selama event berlangsung.

“Antusiasme kami sangat tinggi pada pameran ini. Kami optimis melalui pameran ini, dapat meraih peningkatan volume penandatanganan kontrak dan transaksi dagang yang signifikan antara eksportir kami dengan para buyer Indonesia. Kami menghadirkan produk-produk unggulan halal Malaysia,” kata Dr. Zuraini Hasanuddin, CEO GEO Artha International (M) Sdn. Bhd. juga pemimpin delegasi Malaysia untuk Halal Fair – HIITS 2023.

Malaysia menjadi peserta pameran terbanyak dari luar negeri yang menghadirkan 48 delegasi pelaku usaha UMKM Malaysia melalui Paviliun Produk UMKM Halal Malaysia. Sekitar 80 produk unggulan Malaysia hadir dalam paviliun pameran Malaysia yang didukung pemerintah Kerajaan Selangor.

Zuraini mengatakan, para peserta pameran dari Malaysia tengah mencari potential buyers dan importir untuk dapat memasarkan produk-produk UMKM halal unggulannya ke Indonesia.

“Kami betul-betul bekerja keras dan mengharapkan agar produk kami menembus pasaran Indonesia. Karena produk kami 100 persen diproduksi oleh Muslim. Target kami transaksi dagang hingga lebih dari RM 5 juta (sekitar Rp16,7 miliar),” katanya.

Presiden Badan promosi produk halal dunia, Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarbangsa (World Islamic Marketing & Trade Chamber – WIMTC), Zuber bin HJ. Bakri yang juga berpartisipasi dalam pameran tersebut menyoroti pentingnya UMKM memiliki konektivitas antarnegara, guna dapat memasarkan produk-produk halla unggulannya.

“Kami melihat peluang pasar global guna membangkitkan UMKM menjadi naik kelas, dengan mempertemukan mitra UMKM Malaysia dengan Indonesia. Untuk itu, business matching hingga pameran seperti ini sangat penting,” ujarnya.

Melalui organisasinya, Zuber berupaya meningkatkan kekuatan ekonomi dengan mempromosikan produk halal unggulan semata-mata dari perusahaan milik pengusaha muslim.

Ragam produk dari pelaku usaha UMKM Indonesia, mulai dari consumer goods, produk hortikultura dan perkebunan seperti sayur, buah, kopi dan teh, furniture, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu Gaharu juga menarik perhatian para importir Malaysia.

Pameran Palestina Hingga Banjir Diskon
Stan pameran Komunitas Palestina, yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, turut memeriahkan pameran Halal Fair – HIITS, yang memperkenalkan sejarah, budaya, serta berbagai produk asli.

“Kami menampilkan sejumlah foto bersejarah berbagai kota di Palestina dan mata uang Palestina keluaran 1927 – 1942,” kata Raed Mohammed Hassan Arada, mahasiswa asing asal Gaza Palestina yang mengampu kuliah di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung, yang memiliki hobi mengoleksi koin kuno ini.

Stan Komunitas Palestina juga menjual berbagai produk makanan, kurma dan minyak zaitun asal Palestina, gantungan kunci, pin, kaos maupun souvenir khas lainnya yang didatangkan langsung dari negeri para nabi itu. Harganya pun sangat terjangkau, seperti gantungan kunci, dijual seharga Rp 50 ribu dapat 10 pcs, bendera Rp 20 ribu, dan topi Rp 75 ribu.

Samer, warga asal Tepi Barat yang juga berpartisipasi dalam pameran, mengungkapkan, sebagian besar hasil penjualan akan disumbangkan kepada rakyat “Keuntungan dari penjualan ini akan diberikan untuk Palestina, hampir atau mungkin 100 persen,” ujar pria yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2022 ini.

Sementara stan Tunisia dan Arab Saudi menghadirkan berbagai produk kurma, kismis dan kacang Arab unggulannya. Pada stan Tunisia menyuguhkan promo Rp100 ribu dapat 3 pack kurma tangkai 500 gram. Stan Sudan dan Mali juga menampilkan produk-produk unggulannya seperti kacang-kacangan dan gom atau getah Arab.

Stan Ath-Thoifah, sebagai produsen madu dan herbal hadir membuka peluang bisnis herbal join keagenan dan reseller produk herbal berlegalitas dan berkualitas.

Kehadiran stan kuliner Ajwad Resto dan Abu Taqo Kebuli, dengan sajian makanan khas Arab dengan rasa lokal ini menjadi favorit para pembeli yang terlihat mengular sejak pameran dibuka.

UMI Tour & Travel memberikan promo spesial pameran dengan voucher diskon umrah hingga Rp 2,5 juta/pax dan DP umrah anya Rp1 juta/pax, khusus pendaftaran di stannya. Pengunjung juga berkesempatan mengikuti undian Umrah Gratis Bintang Lima.

Produk fashion seperti Khadijah Indonesia, Nacita, Alfi Huraiyah, Taqeeya, Makhtab, Al-Wafa, dan brand-brand lainnya memberikan voucher khusus berhadiah dan diskon hingga 50%.

Bagi pengunjung yang datang ke stan Hedtutu Skin Solution di Halal Fair bisa klaim gratis Brightening Skin Treatment/Intensive Acne Cream senilai Rp120.000 – 125.000.

Direktur Operasional Hanania Group Tour Travel Naufal Ashim, mengatakan kehadiran travel umroh milenial pertama di Indonesia ini di gelaran Halal Fair untuk kali ketiga ini menjadi magnet bagi pengunjung yang hadir di boothnya. Bagi pengunjung yang hadir ke booth, berkesempatan untuk mendapatkan Apresiasi Umroh Gratis tanpa dipungut biaya apapun

“Di pameran ini, kami lebih memberikan edukasi travel umroh dengan konsep milenial pertama. Semoga Allah tetap menjadikan Halal Fair konsisten dan eksi setiap tahunnya,” ujarnya.

Owner Ansshine, Anisa, yang baru pertama kali menjadi exhibitor tidak menyangka kalau mendapatkan sambutan besar dari pengunjung. Ia menjual aneka produk fashion muslimah syar’i dengan harga spesial. Selama pameran, pengunjung berkesempatan mendapatkan giveaway voucher belanja, atau parfum, plus tambahan diskon sampai 40 persen. “Kami belum pernah ada diskon di online shop segede ini, hanya di event ini,” pungkasnya.

Bagi yang sedang mencari propperti, Vil Rizki Insani Legok menawaran promo khusus berupa diskon 10 persen dari harga rumah. Cukup booking hanya Rp 1 juta, free biaya surat-surat seperti BPHTB, balik nama, dan juga biaya KPR.

Orang tua yang masih bingung memilih pesantren, bisa mengunjungi stan SMP Bina Insan Boarding School yang terletak di Bogor. Selama pameran, ditawarkan promo free SPP 1 bulan sebesar Rp 2,3 juta, dan free biaya pendaftaraan sebesar Rp 500 ribu.

Sementara bagi pecinta kucing, hadir Muezza, sebuah brand makanan kucing yang sudah tersertifikasi halal dan sudah kali ketiga hadir di Halal Fair. Selama pameran, pembeli mendapatkan diskon sampai 50%. Selain itu, untuk pembelian diatas 100 ribu rupiah berkesempatan ikut lucky dip berhadiah berbagai souvenir seperti tumbler atau payung.

Mahveen natural skincare juga tidak kalah eksis memberikan diskon sampai 10%, belanja senilai Rp 100 ribu sudah bisa sudah bisa join Mitra Mahveen Voucher Treatment Gratis senilai Rp 100 ribu. Dan, untuk Mitra Mahveen yang belanja senilai Rp 500 ribu mendapatkan voucher belanja senilai Rp 50 ribu berlaku kelipatan serta free kalender edukasi 2024.

Selain itu, muslimah juga bisa mengikuti seminar gratis Halal Talk bertema tampil cantik natural terbebas dari bahaya krim abal – abal dan krim racikan yang tak terstandar, bersama founder Mahveen, dr Adesty pada hari Minggu 10 Desember 2023, puku; 10:30 – 11:45 Wib

Selama pemeran berlangsung, disediakan Free Shuttle yang siap mengantar pengunjung dari Terminal Intermoda Cisauk menuju ICE BSD, setiap 45-60 menit. (Red/my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *