June 17, 2024

Salatiga, JNcom – Memasuki masa Lanjut Usia (lansia), seringkali mengalami kondisi yang serba sensitif atau rentan dengan penyakit. Hal itu lebih disebabkan oleh pola makan yang salah sehingga timbul penyakit yang sering dialami seperti Asam urat, Kolestrol, dan darah tinggi.

Memperhatikan kondisi kesehatan warga masyarakat, kediaman Hj Riawan Woro Indraningrum SE MM atau lebih akrab disapa bu Woro, Sabtu (9/12/2023) dijadikan kegiatan Pos Bindu tingkat RW Kelurahan Tingkir Lor Salatiga.

“Kegiatan Pos Bindu itu sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan sesuai dengan arahan Pemerintah. Jadi tidak ada hubungannya jelang Pileg dan kemarin kami juga bagi susu Gratis bagi anak karna Susu memiliki kadar gizi yang cukup tinggi,” tandasnya.

Anggota Dewan dari fraksi partai Gerindra itu menambahkan, kondisi lansia memasuki di usia 45 keatas cenderung terabaikan maka dengan adanya kegiatan Pos Bindu sebagai kontrol bagi warga masyarakat.

Mengingat Stunting masih menjadi perhatian khusus pemerintah, Woro  membagikan Susu pada anak anak. Susu memiliki kadar gizi yang cukup tinggi maka penting untuk dikonsumsi bagi anak.

Sementara kembali ke Lansia ada beberapa kasus yang menimbulkan penyakit serta penyebabnya antara lain seperti Gula darah penyebabnya di picu dari mengkonsumsi gula berlebihan, makan nasi, berlebihan, serta minum minuman instan yang mengandung gula Refinasi.
Sedangkan bagi penderita Darah Tinggi atau kolestrol di sebabkan mengkonsumsi makan makanan yang mengandung lemak atau santan serta minyak (gorengan) secara berlebihan. Bagi pengidap Asam Urat lebih disebabkan Mengkonsumsi kacang kacangan seperti Tahu tempe kacang panjang Buncis, Emping, Melinjo secara berlebihan.

Sementara itu Team Aksi Politik (TAP) kota Salatiga, Brigjend Purn Untung Waluyo ketika di konfirmasi tentang Pos Bindu, menurutnya kegiatan tersebut merupakan implementasi dari 8 Program Hasil Terbaik Transformasi Bangsa yang dicanangkan Prabowo.

“Memberi makan Siang dan Susu secara Gratis di Sekolah dan Pesantren serta bantuan gizi untuk anak dan balita serta ibu Hamil, inilah bagian 8 programnya pak Prabowo,” tandasnya.

Untung menambahkan, jelang Pemilu Pilpres/pileg ada politisi yang hanya berbicara lantang tanpa ada wujud nyata karena masyarakat ini butuh tindakan nyata yang langsung dapat diterima. Yang jadi contoh itu,, diam diam tapi memberi bantuan seperti Prabowo. (NANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *