October 4, 2024

Jakarta, JNcom – Badan Pembina Taman Kanak-Kanak Islam Indonesia (BPTKI) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-5 pada Sabtu, 21 September 2024, di Hotel Tiva, Cempaka Putih, Jakarta.

Ketua Umum BPTKI-DMI, Dra. Hj. Siti Fatimah, AM., S.H., MM., yang telah memimpin selama tiga periode, menyampaikan bahwa Munas kali ini bertujuan untuk memilih pengurus baru.

“Ini adalah Munas kelima BPTKI-DMI selama saya memimpin. Sebagai pendiri organisasi ini, sudah saatnya saya menyerahkan kepemimpinan kepada yang baru,” ujar Siti Fatimah kepada sejumlah media termasuk JURNALNUSANTARA.COM, di Jakarta, pada Sabtu (21/09/2024).

Ia menjelaskan bahwa pemilihan akan dilakukan melalui sistem formatur. Sebanyak 12 orang akan dipilih, di mana tiga orang di antaranya akan menjadi calon ketua.

“Siapa pun yang terpilih nantinya akan memimpin sidang formatur, dan mereka akan menentukan pengurus harian dalam waktu satu jam,” terangnya.

Siti Fatimah juga menyoroti pentingnya peningkatan visi dan misi organisasi, terutama dalam mendidik anak-anak sejak usia dini.

“Kita harus mempersiapkan anak-anak dengan pendidikan intensif sejak usia dini. Jika itu dilakukan dengan baik, Insya Allah, ketika mereka mencapai usia 40 tahun, mereka akan menjadi pemimpin yang tangguh dan berakhlak mulia, sebagaimana yang diajarkan oleh Allah dalam Al-Qur’an,” urainya.

Diketahui Munas kali ini dihadiri oleh perwakilan dari 24 wilayah di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Peserta terbanyak berasal dari Banten, dengan 24 peserta. Wilayah-wilayah lain seperti Kalimantan Tengah dan Papua juga mengirimkan perwakilan, meskipun jumlahnya lebih sedikit,” tambahnya.

Selama masa jabatannya, Siti Fatimah telah melantik 23 wilayah, dan masih ada tiga wilayah yang akan segera dilantik.

“Setelah Munas ini, akan ada pergantian ketua umum. Saya yakin kepengurusan baru akan melanjutkan program-program yang sudah berjalan dan meningkatkan kinerja organisasi,” imbuhnya.

Dikatakan Siti Fatimah pentingnya kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal pendidikan anak usia dini.

“Hubungan kami dengan Kemendikbud, terutama Direktorat PAUD, sangat baik. Kami akan terus bersinergi untuk meningkatkan program-program pendidikan,” katanya.

Siti Fatimah berharap, di bawah kepemimpinan baru, BPTKI-DMI dapat terus berkembang dan semakin diterima oleh masyarakat,” tandasnya.(s handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *