October 4, 2024

Jakarta, JNcom – Dalam rangka mendukung program Bangga Kencana dan menurunkan angka Stunting di wilayah Jakarta Barat, BKKBN bersama Anggota Komisi IX DPR RI menggelar sosialisasi Program Bangga Kencana, Senin (16/9/2024), di Centro Futsal, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Kota Adm Jakarta Barat.

Kegiatan sosialisasi kali ini dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Dian Istiqomah, S.Kep; Direktur Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Marianus Mau Kuru, S.E., M.PH; Ketua Subkelompok Playanan KB dan Kesehatan Reproduksi DPPAPP Prov. DKI Jakarta, Monika Y.P Ezeh; dan Kasi PPKB Suku Dinas DPPAPP Kota Adm. Jakarta Barat Prov. DKI Jakarta, Anita Rachmawati.

Anggota Komisi IX DPR RI, Dian Istiqomah, S.Kep menekankan pentingnya membangun konsep keluarga yang berkualitas dan penuh dengan perencanaan. Selain itu, untuk menuntaskan persoalan stunting di Indonesia, semua pihak perlu terlibat dalam upaya penurunan angka stunting.

“Penurunan angka stunting nantinya akan dilakukan secara bertahap hingga level bawah. Dimulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan Kelurahan hingga ke RW,” ujar Dian.

Direktur Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Marianus Mau Kuru, S.E., M.PH mengatakan, gizi buruk dan infeksi berulang merupakan penyebab anak menjadi stunting. Ia berharap dua penyebab tersebut harus sudah dipahami oleh masyarakat.

“Yang paling utama masyarakat harus paham betul, jika sudah paham lalu bersikap dan berperilaku supaya masalah ini segera selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi PPKB Suku Dinas DPPAPP Kota Adm Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta, Anita Rachmawati juga meminta agar masyarakat memperhatikan gizi yang seimbang dan pemberian protein hewani. Selain itu, pola asuh yang baik harus dilakukan oleh orang tua.

“Untuk membantu mengatasi Stunting, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai gerakan seperti melalui kader PKK, kelompok bina keluarga Balita dan Remaja yang akan mengedukasi masyarakat,” pungkasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *