October 4, 2024

Jakarta, JNcom – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berbenah melakukan penataan di sejumlah wilayah, salah satunya di kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat. Pj. Gubernur DK Jakarta meresmikan dimulainya penataan Taman Bersama Johar Baru, Jakarta Pusat, yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Selasa (17/9/2024).

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Camat Johar Baru, serta perwakilan dari Polsek, Koramil, Lurah, RT/RW, dan masyarakat sekitar.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma memimpin melakukan penanaman pohon sebagai simbol dimulainya revitalisasi. Acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemasangan ornamen penghias taman.

Dalam keterangannya, Pj Gubernur Heru menyampaikan bahwa lahan seluas 968 meter persegi yang sebelumnya digunakan oleh pedagang, kini telah dibersihkan dan akan diubah menjadi area hijau multifungsi.

Menurutnya, proyek penataan taman ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Selain memperindah kawasan, taman ini diharapkan dapat menjadi tempat rekreasi, edukasi, serta area urban farming untuk warga sekitar

“Hari ini kita melihat dimulainya penataan lahan di Johar Baru yang dulunya ditempati oleh pedagang. Kini lahan ini akan dijadikan taman dengan area resapan air, tempat bermain anak-anak, dan area untuk urban farming,” ujar Heru.

Heru juga menekankan pentingnya dukungan semua pihak, termasuk aparat keamanan dan pemerintah setempat, dalam menjaga dan memanfaatkan lahan ini dengan baik.

“Saya harap area ini bisa terus dijaga dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, baik untuk berolahraga, edukasi anak-anak, hingga bercocok tanam,” tambahnya.

Selain itu, Heru juga mendorong pengembangan urban farming di wilayah lain di Jakarta. Ia menyebutkan bahwa beberapa lahan kosong, khususnya di Jakarta Timur, akan dimanfaatkan untuk pertanian perkotaan guna mendukung ketahanan pangan lokal.

“Saya sudah meminta Dirut Dharma Jaya untuk memaksimalkan lahan-lahan yang belum termanfaatkan di Jakarta Timur. Kita akan tanami sayur-mayur dan kebutuhan pangan lainnya untuk masyarakat,” jelasnya.

Dengan adanya penataan taman ini, diharapkan masyarakat, khususnya anak-anak dan pelajar, dapat lebih peduli terhadap lingkungan serta membiasakan diri untuk bercocok tanam. Pemerintah juga berkomitmen untuk terus memperbanyak ruang terbuka hijau di Jakarta, termasuk di wilayah Jakarta Utara yang juga tengah gencar dilakukan penghijauan.

Penataan Taman Johar Baru ini menjadi langkah awal dari serangkaian proyek penataan ruang terbuka hijau di seluruh DKI Jakarta, yang bertujuan untuk menciptakan kota yang lebih asri, sehat, dan ramah lingkungan. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *