October 4, 2024

Jakarta, JNcom – Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Anggota Komisi IX DPR RI Dapil DK Jakarta kembali mengadakan Sosialisasi dan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) Program Bangga Kencana, Sabtu (31/8/2024), di Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tuan rumah Saiman dan narasumber yaitu Dian Istiqomah, S.Kep (Anggota Komisi IX DPR RI), Soetriningsih, S.Sos (Direktur KIE BKKBN Pusat), Suhaimi (Penyuluh KB Kec. Kepulauan Seribu Selatan), dan Lalita Marsyati (Tenaga Kesehatan Bagian Gizi Puskesmas Pulau Ujung Jawa).

Anggota Komisi IX DPR RI, Dian Istiqomah, S.Kep menjelaskan, salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting adalah pemenuhan asupan gizi bagi keluarga terutama kepada anak-anak dan remaja. Sebagai langkah konkret, Pemerintah telah menyalurkan bantuan untuk digunakan sesuai dengan manfaat dan tujuannya yaitu untuk pemenuhan gizi keluarga.

Selain itu, kata Dian, perubahan pola pikir masyarakat juga sangat penting untuk mendukung penurunan angka Stunting. Ia berharap upaya-upaya tersebut dapat tercapai agar generasi kita kedepan menjadi anak-anak yang hebat dan mampu bersaing.

“Merubah pola pikir masyarakat bisa dimulai dari lingkungan masyarakat masing-masing. Bila targetnya tidak dicapai bagaimana mungkin kita bisa mencegah dan menurunkan angka stunting dan bagaimana mungkin kita bisa melahirkan atau menciptakan generasi emas pada tahun 2045,” ujar Dian.

Sementara itu, Direktur KIE BKKBN Pusat, Soetriningsih, S.Sos menegaskan bahwa BKKBN berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dan pola asuh yang baik.

“Kami akan terus melakukan berbagai program edukasi untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan asupan gizi yang cukup dan perawatan yang baik sejak dalam kandungan,” pungkasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *