October 4, 2024

Jakarta, JNcom – TNI AL menggelar apel kesiapan prajurit menyambut upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI pada 5 Oktober 2024, di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyatakan bahwa seluruh prajurit TNI AL siap mendukung pemerintahan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia.

“Dengan upacara HUT TNI ini, menjadi kesempatan kita juga, untuk menunjukkan kualitas kesiapan tempur TNI AL kepada Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto. Kita tunjukkan kepada beliau bahwa TNI AL akan mendukung penuh beliau dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan, hak berdaulat dan keamanan seluruh Perairan Indonesia,” ujarnya.

Menurut KSAL, upacara HUT TNI bukan hanya sekadar seremonial, namun lebih dari itu, untuk menunjukkan kepada bangsa dan dunia bahwa TNI, khususnya TNI Angkatan Laut, selalu siap dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara.

“Upacara ini menjadi cerminan profesionalisme, disiplin dan dedikasi kita sebagai prajurit. Upacara HUT TNI tahun ini memiliki makna yang sangat istimewa karena dilakukan menjelang pergantian Presiden RI. Oleh karena itu, mari kita tampilkan performa terbaik, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah prajurit-prajurit petarung yang mampu menjunjung tinggi kehormatan dan kebanggaan bangsa,” kata Ali. Di hadapan para prajurit TNI AL.

KSAL juga menekankan kepada seluruh pasukan untuk memastikan seluruh perlengkapan seperti pakaian dan peralatan, serta penampilan dalam kondisi terbaik.

Di akhir kegiatan, KSAL didampingi Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Denih Hendrata, pejabat utama Mabesal, Pangkotama wilayah Jakarta serta Kasatker di lingkungan TNI AL melakukan peninjauan alutsista yang akan diturunkan dalam upacara HUT ke-79 TNI. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *