October 4, 2024

Tanah Datar, JNcom – Pemerintah melalui BKKBN bersama mitra kerja terus berfokus dalam mengatasi persoalan Stunting di Indonesia yang akan berdampak pada kualitas generasi mendatang. Langkah konkret terus dilakukan Pemerintah, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi dan KIE program Bangga Kencana.

Kegiatan sosialisasi kali ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna SMAN 1, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (13/9/2024).

Rangkaian acara diawali dengan Registrasi Peserta, dilanjutkan dengan pembukaan menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars KB, pembacaan Doa dan sambutan Tuan Rumah.

Sementara penyajian materi disampaikan oleh narasumber yaitu dr. H .Suir Syam,M.Kes.,MMR (Anggota Komisi IX DPR RI), Dra. Nurbaiti djabang (Ketua tim Lini lapangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat), Reri Warman, SKM (Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DPMDPPKB Kab.Tanah Datar).

Anggota Komisi IX DPR RI, H .Suir Syam,M.Kes.,MMR menuturkan, gangguan pertumbuhan pada balita atau Stunting dapat mengakibatkan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang. Menurutnya, asupan gizi dan nutrisi yang kurang tercukupi, pola asuh yang salah, buruknya sanitasi lingkungan tempat tinggal, dan keterbatasan akses fasilitas kesehatan menjadi penyebab Stunting.

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan Stunting sejak dini. Stunting bukanlah penyakit dan bisa dicegah sejak dini,” ujar Suir. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *