October 4, 2024

Semarang, JNcom – Kecamatan Ambarawa adalah menjadi “icon”nya Kabupaten Semarang dari 19 Kecamatan yang ada. Jika ditarik kebelakang pada masa masa pasca Kolonial hingga tahun 1970-an Ambarawa dapat sebutan Karesidenan Ambarawa.

Seperti halnya, Pada puncak Karnaval 17 Agustus 2024 Pemda Kabupaten Semarang kembali memutuskan acara Karnaval di pusatkan di Ambarawa. Karnaval yang berlangsung Minggu (18/8/2024) resmi dibuka oleh Bupati Semarang H Ngesti Nugraha pukul 09:30 WIB. Dalam kesempatan itu hadir segenap jajaran Eksekutif, Yudikatif serta anggota Legislatif.

Sejak pukul 10 hingga 19 malam terjadi rekayasa lalulintas jalur lintasan. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi kemacetan. Karena sejumlah warga masyarakat tumpah ruah menyaksikan jalannya Karnaval hingga memadati sepanjang jalan Jend Sudirman Ambarawa.

Dari pantauan awak media, barisan Karnaval terdepan adalah dari kalangan Pelajar SD, SMP dan SMA/SMK kemudian disusul dari peserta warga Kelurahan/desa se Kecamatan Ambarawa barisan berikutnya, dari kalangan Dinas serta utusan dari tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Sementara itu, Kelurahan Lodoyong Ambarawa bagian peserta Karnaval untuk tahun 2024 ini menampilkan bentangan kain Batik dengan panjang ukuran 79 meter. Bukan itu saja, warga Lodoyong juga menampilkan Buto Topeng Ireng serta Kostum Kalimantan yang menggambarkan Kebhinekaan.

Selain Lodoyong juga dari Kelurahan Tambakboyo. Warga yang terlihat guyub ini sebagai icon-nya menampilkan selain mengusung nuansa Bali juga Naga atau ular sepanjang 17 meter yang dimaknai cerita legenda Baru Kelinting mencerminkan Ambarawa identik dengan Rawapening.

Barisan di lingkungan Pendidikan dari SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa sempat menjadi perhatian pengunjung Karnaval.
SMK yang dikenal dengan tata Busana ini mengusung karya busana yang ditampilkan oleh siswa/siswi dengan balutan assesoris sehingga terlihat elok.

Pandangan dari sejumlah pengunjung merasa antusias warga dalam partisipasi Kemeriahan Karnaval sehingga akan menambah semangat Patriotisme. (NANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *