October 25, 2024

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya 2024 “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas” pada hari ini, Senin (15/7/2024).

Jakarta. JNcom – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya 2024 dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas” yang digelar di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya pada hari ini, Senin (15/7/2024).

Acara ini digelar di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya. Operasi Patuh Jaya bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan mendukung terciptanya kondisi lalu lintas yang lebih aman dan tertib.

Turut hadir di lokasi apel, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Pejabat Utama Polda Metro Jaya, Kapolres Jajaran, serta pejabat lainnya.

Kehadirannya menunjukkan dukungan penuh terhadap Operasi Patuh Jaya 2024 dan pentingnya kolaborasi antar instansi dalam menciptakan budaya tertib berlalu lintas di Jakarta.

Irjen Pol. Karyoto menyatakan bahwa Polda Metro Jaya dan jajarannya akan melaksanakan Operasi Patuh Jaya selama 14 hari, mulai dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024. Operasi ini akan melibatkan 2.938 personel gabungan.

Langkah ini untuk memastikan operasi berjalan efektif dalam meningkatkan disiplin dan kepatuhan berlalu lintas di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Operasi Patuh Jaya ini bersifat terbuka dan dilaksanakan oleh Polri bersama TNI serta stakeholder terkait. Kolaborasi dan sinergi yang baik diharapkan dapat mengatasi dan menyesuaikan setiap kendala yang mungkin dihadapi di lapangan selama pelaksanaan operasi.

Irjen Pol. Karyoto berharap Operasi Patuh Jaya 2024 dapat terlaksana dengan baik dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Sasaran utama operasi ini adalah mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas yang telah ditetapkan.

“Diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat menurun, sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Ia juga mengingatkan kepada Direktur dan jajaran lalu lintas bahwa dalam pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2024 agar mempedomani prosedur yang telah diarahkan.

“Irjen Pol. Karyoto menginstruksikan agar penindakan dalam Operasi Patuh Jaya 2024 dilakukan dengan cara yang simpatik dan humanis, menghindari tindakan yang kontraproduktif. Penindakan akan lebih mengedepankan langkah pre-emtif, preventif, dan penegakan hukum lalu lintas dengan menggunakan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) statis dan mobile.

Karyoto berpesan kepada seluruh jajaran agar melaksanakan operasi ini dengan profesionalisme, tanpa negosiasi, tanpa transaksi, dan dengan tidak menyakiti masyarakat.

“Agar tetap mengutamakan keselamatan saat menjalankan tugas dan senantiasa berhati-hati mengingat padatnya arus kendaraan yang melintasi ibu kota Jakarta, jangan terlalu memaksakan diri apabila ada pelanggaran yang tidak mau diberhentikan,” tandasnya.

“Diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat menurun, sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” pungkasnya. ***(Guffe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *