October 25, 2024

Jakarta, JNcom – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Wamendes PDTT), Prof. Dr. H. Paiman Raharjo,M.Si kembali meluncurkan sebuah buku berjudul “Pikiran & Ide Profesor H. Paiman Raharjo”, Kamis (4/7/2024), di kantor Kemendes PDTT, Kalibata Jakarta.

Wamen Paiman Raharjo mengatakan, isi buku yang ditulisnya adalah pengalamannya yang merupakan hasil obrolan bersama masyarakat maupun tokoh yang telah sukses. Namun demikian, jika dicermati buku tersebut mengandung filosofi hidup bahwa pendidikan itu jangan melalui jalan pintas tetapi harus melalui proses yang benar.

“Sekarang ini misalnya anak Paud dipaksa secara instan bisa membaca, padahal anak seusia itu diajarkan bagaimana cara mendidik anak untuk menanamkan nilai-nilai jujur, tanggung jawab, kesabaran, kerelaan menolong orang lain dan sebagainya. Jadi, melakukan pendidikan itu harus melalui proses,” ujar Paiman.

Sementara dari hasil obrolan dengan orang yang sukses, lanjut Paiman, ternyata kesuksesan itu bukan hanya milik orang kaya atau orang yang memiliki bakat saja, tetapi kesuksesan itu milik siapa saja yang mau bekerja keras dan berdoa.

“Jadi makna dalam buku ini sungguh luar biasa. Dan dalam buku ini saya katakan bahwa hidup ini melalui proses maraton yang cukup panjang, meskipun terkadang proses itu membawa putus asa,” ungkap Paiman.

Usai peluncuran buku, acara dilanjutkan dengan bedah buku yang dibawakan oleh artis Vicky Prasetyo dengan narasumber diantaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo, pengamat politik Effendi Gozali dan Gubernur. (Red/my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *