July 4, 2024

Salatiga, JNcom – Puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 di lingkungan Polres Salatiga telah berlangsung di halaman Polres. Thema HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini mengusung thema “Presisi Transformasi mendukung Percepatan Ekonomi”

Di tengah puncak acara hari Kepolisian, awak media mencoba berbincang-bincang dengan Kapolsek Sidorejo Salatiga, AKP Sugiyarta SH MH.

“Menjadi anggota Polisi memang cita-cita saya sejak duduk di bangku Sekolah, Alhamdulillah ketika masa Sekolah saya mempersiapkan diri secara fisik dan mental juga tidak merokok,” ujarnya.

Sugiyarta putra anak bungsa dari tujuh (7) bersaudara dari keluarga petani tradisional. Meski dirinya tidak memiliki garis keturunan namun keluarganya sangat mendukung dirinya untuk menjadi Polisi.

Tahun 1995 adalah tahun awal penempatannya bertugas di lingkungan Polda Daerah Istimewa Jogjakarta. Jarak tempat bertugas (Polda) dengan tempat tinggalnya ditempuh dengan berjalan kaki. Hal itu menurutnya sudah biasa dilakukan dengan teman seangkatannya.

“Penempatan awal saya di lingkungan Polda DIY selama bertugas saya jalan kaki dari tempat kost sampai kantor,” ucap Sugiyarta mengenang masa lalunya.

Sejak 2024 Sugiyarta mengemban tugas sebagai Kapolsek Sidorejo Salatiga. Secara terotorial Sidorejo terdapat enam (6) Kelurahan dengan jumlah penduduk tergolong cukup padat. Sementara padatnya jumlah warga di Sidorejo adanya Kampus Satyawana serta Kampus UIN Salatiga yang keberadaanya ada di wilayah Sidorejo otomatis tak luput rumah warga yang dijadikan Kos-kosan.

Sebagai pengemban Tri Brata, dalam pelayanan masyarakat ia lebih bersosialisasi langsung ditengah warga masyarakat ketimbang warga mendatangi ke kantornya. Dalam kesempatan itu Sugiyarta juga selalu ke lapangan guna menjalin kerjasama kepolisian dengan warga.

“Mungkin kami belum maksimal dalam melaksanakan pelayanan, tapi disini pentingnya menjalin hubungan baik atau sinergy antara pihak Kepolisian dengan warga dan kami menghimbau pada warga jika bepergian pastikan kunci rumah maupun kunci kendaraan benar benar aman,” pungkasnya. (NANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version