July 4, 2024

Jakarta, JNcom – Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD Harapan Kita) dan Tokushukai Medical Corporation resmi melakukan penandatanganan perjanjian formal pemberian hibah untuk pembangunan Gedung Harapan Kita -Tokushukai, Selasa (24/6/2024), di ruang Nusa Tenggara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

Perjanjian ini menandai langkah penting dalam kerja sama antara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation. Hibah yang akan diberikan oleh Tokushukai Medical Corporation senilai 10 Milyar Yen (1 Triliun rupiah) digunakan untuk pembangunan gedung 22 lantai terdiri dari 20 lantai untuk layanan kesehatan, lantai 21 untuk ruang kontrol MEP (Mekanikal Elektrikal Plumbing), lantai 22 untuk fasilitas helipad dan 3 lantai basemen yang dinamakan Gedung HARAPAN KITATOKUSHUKAI. Pusat kesehatan ini dirancang untuk menjadi fasilitas medis terdepan yang menyediakan layanan kardiovaskular terbaik di Indonesia dan Asia Pasifik.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tokushukai Medical Corporation atas hibah yang sangat besar ini. Gedung HARAPAN KITATOKUSHUKAI akan menjadi tonggak penting dalam upaya kami untuk meningkatkan layanan kesehatan jantungdan pembuluh darah di Indonesia. Kami yakin bahwa dengan fasilitas baru ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada masyarakat,” ujar Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp. JP (K), MARS.

Gedung HARAPAN KITA-TOKUSHUKAI direncanakan memiliki berbagai fasilitas canggih termasuk ruang operasi, laboratorium kardiovaskular, ruang perawatan intensif, dan ruang rawat inap yang nyaman. Proyek ini diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun dan rencananya dapat langsung dioperasionalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luaspada tahun 2027.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami percaya bahwa proyek ini akan membawa manfaat besar bagi banyak orang dan kami berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan layanan kesehatan di Indonesia,” kata CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue.

Kerjasama ini juga mencakup program pelatihan dan penelitian bersama untuk meningkatkan kompetensi tenaga medis serta pengembangan teknologi medis terbaru. Akan ada pendayagunaan tenaga medis dan tenaga kesehatan Tokushukai untuk melakukan praktik klinis, penelitian dan pendidikan di bidang kedokteran tingkat lanjut bersama tenaga medis dan tenaga kesehatan RSJPD Harapan Kita di gedung baru, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam bidang kesehatan jantung dan pembuluh darah di kawasan Asia Pasifik.

Hadirnya Gedung HARAPAN KITA-TOKUSHUKAI, dengan teknologi dan tenaga kesehatan yang bertaraf internasional, diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga tidak perlu untuk jauh-jauh berobat ke luar negeri. Kerjasama pengembangan layanan kardiovaskular ini diharapkan akan dapat meningkatkan kapasitas dan peran RSJPD Harkit sebagai world class hospital dengan layanan kardiovaskular terbaik di Asia. Ke depan, Pusat Kardiovaskular ini juga optimis akan menjadi pusat kardiovaskular rujukan dari berbagai negara di Asia. (Red/my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *