July 4, 2024

Jakarta, JNcom — PT Perdana Gapuraprima Tbk (“Perseroan”) (IDX Code: GPRA) adalah Perseroan yang sudah lebih dari 37 tahun bergerak di bidang industri pengembang properti dan memiliki portofolio proyek pengembangan kawasan hunian dan komersil untuk segmen pasar menengah dan ke atas.

Permintaan hunian terus mengalami peningkatan yang signifikan. Faktor ini menjadi salah satu pendorong kunci dalam mencapai target yang telah ditetapkan oleh Gapura Prima, menunjukkan bahwa portofolo properti perusahaan ini sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang. Kontnbusi dari proyek-proyek baru juga memiliki peran yang penting daiam kesuksesan Gapuraprima. Proyek-proyek seperti pengembangan perumahan di cluster Savana Botheo & ciuster Greenland LLanos, serta rumah kantor Prominent di Bukit Cimanggu City, Bogor, dan rumah kantor Business Park di perumahan Metro Gilegon, telah memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap pendapatan perusahaan.

Di 2024 ini Perseroan mengembangkan proyek baru yaitu The Botanica Signature @ Padjadjaran di Bogor, Pun Semanan Garden di Jakarta Barat, dan Perseroan juga berencana untuk proyek mendatang di Botanica Signature @ Cibubur, Cileungsi, dan Botanica Pacific Business Park di Cengkareng Jakarta Barat.

Untuk recurring income, Perseroan juga memiliki langkah ekspansi ke sektor hospitality dan kuliner, yang ditandai dengan pembukaan De Margo Ristorante Italano pada awal tahun 2023, serta bisnis perhotelan (service apartment) yang terus memberikan hasil yang positif, menegaskan sasaran Perseroan dalam melakukan diversifikasi portofofio. Untuk bisnis perhotelan, Perseroan memiliki diantaranya Hotel & Vila Horison Ultima Bhuvana Ciawi Bogor, Grand Anyer Palazo Boutgue Resort by Naraya, Hotel Horison Grand Serpong, The Bellezza Suites by Nemuru, dan akan segera hadir hotel Nemuru Grand MTH di Jakarta Selatan.

Sementara itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023 yang diadakan di Bellezza Permata Hijau Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024), ditegaskan bahwa Tahun 2023 telah menjadi periode yang menggembirakan bagi Perseroan sebagai perusahaan properti, dimana melalui serangkaian pencapaian dan strategi yang terstruktur, Perseroan berhasil mencapai target pendapatan Gan laba bersih yang telah ditetapkan sebelumnya.

Permintaan hunian mengalami peningkatan yang signifikan, serta selam itu juga terdapat recurring income dari bisnis perhotelan (service apartment) sebagai bentuk diversifikasi portofolio Perseroan di sektor hospitality, yang memberikan hasil yang positif dan turut berkontribusi pada pencapaian kinerja keuangan Perseroan.

Secara keseluruhan, kinerja Perseroan sepanjang tahun 2023 mencerminkan pertumbuhan yang positif dan strategi yang berhasil dilaksanakan. Dukungan didapatkan dari meningkatnya permintaan hunian, kontribusi dari proyek-proyek baru, serta langkah-langkah ekspansi dan diversifikasi telah menguntungkan Perseroan.

Perseroan berhasil mencatat kinerja yang mengesankan dengan pencapaian penjualan bersih sebesar Rp459,53 miliar atau 112,80 persen dari target yang telah ditetapkan perusahaan sebesar Rp407,40 miliar.

Peningkatan ini dipicu oleh kedua segmen bisnis perusahaan. Berdasarkan komposisi, penjualan yang berasal dari :

Segmen Residenstal sebesar 601794 dari total penjualan bersih Perseroan. Dimana berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp276,30 miliar, meningkat 14,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp240,83 miliar

Segmen Properti Komersial sebesar 39,835 dari total penjualan bersih Perseroan. Segmen ini berhasil mencatat penjualan bersih Rp183,23 miliar, meningkat 41,44 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp129,55 miliar.

Tahun 2023 menjadi momentum penting bagi Perseroan dalam upayanya meningkatkan efisiensi biaya, sehingga Perseroan berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp.96,48 Miliar atau meraih 114,36 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp.84 Milyar.

Key highlights dari RUPST diantaranya adalah telah disetujuinya Laporan Tahunan Tahun buku 2023 atas kinerja keuangan Perseroan serta pengesahan atas Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan yang terdin dari Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian dan Laporan Perhitungan Laba Rugi Dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Pubtik Mirawafti Sensi Idns.

Agenda RUPST berikutnya menyetujui penggunaan Laba Bersih Perseroan tahun buku 2023 untuk membagikan dmden final kepada pemegang saham Perseroan sebesar Rp, (Satu Ruptah) per saham. (red/my)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *