October 4, 2024

Klaten, JNcom – Kartu Prakerja adalah bagian program bantuan Pemerintah pusat dalam rangka membangun keterampilan. Selain mendapat keterampilan dibidangnya, warga juga masih mendapat insentif total Rp.700.000.

Untuk memperoleh Kartu Prakerja setiap warga masyarakat bisa mengakses Prakerja, namun tidak semua warga tidak mudah mengakses secara online. Dari hasil survey banyak warga terkendala untuk mendapatkan Kartu Prakerja antara lain e-mail, Pasword atau di nomor Induk Kependudukan.

Mencermati kendala yang dirasakan warga untuk mendapatkan Kartu Prakerja, dari Lembaga Swadaya Masyarakat Cerdas Bangsa (LSM CB) yang berkantor pusat di Jakarta melakukan Pendampingan bersama Kariermu agar masyarakat mendapatkan Kartu Prakerja secara Gelombang.

Maria Eny Supatmi selaku Humas LSM CB Jawa tengah Jumat (7/6) mengadakan Sosialisasi ditengah warga
Acara tersebut dikaitkan dengan Pertemuan rutin diadakan setiap Jumat Kliwon malam Sabtu Wage. Hadir dalam acara pertemuan routin itu segenap ketua RT, RW 02 serta Kepala Desa Mlese Gantiwarno

Dalam kesempatan itu Maria Eny memaparkan tentang apa itu Kartu Prakerja dan bagaimana untuk mengakses Prakerja agar warga masyarakat memperoleh Kartu Prakerja. Karna menurutnya banyak warga yang banyak menghadapi kendala maka disini perlu pendampingan agar Hak masyarakat sampai di tengah masyarakat sesuai harapan Pemerintah.

“Kami dari Lembaga hanya melakukan pendampingan agar masyarakat bisa mendapat Kartu Prakerja,” tandas Eny singkat.

Sementara itu dalam kata sambutan ketua RW 02 Catur Dipotanoyo mengucapkan terima kasih atas kehadiran Maria Eny dari LSM yang telah menjelaskan apa itu Kartu prakerja dan bagaimana cara memperolehnya. Harapan Semoga dengan adanya pemaparan menjadi lebih paham dan banyak warga mendaftarkan diri untuk mendapatkan manfaat dari kartu prakerja.

Karna warga sudah sering mendengar tentang kartu prakerja, namun warga tidak antusias karna sulit mendapatkannya.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran bu Eny yang telah memberikan penjelasan tentang Kartu Prakerja dan semoga kedepan warga memperolehnya,” ujar Catur.

Kepala Desa Mlese Suparwoto memberikan apresiasi kepada Maria Eny yang telah memberikan pencerahan kepada warganya. Dalam kesempatan itu Suparwoto mempersilahkan warganya untuk mendaftar agar memperoleh dana dari pemerintah melalui pendaftaran kartu prakerja.

“Idep-Idep dolan nang Semarang Gratis masih mendapatkan pelatihan serta uang insentif semoga bermanfaat bagi warga masyarakat dan atas bantuan dari Pemerintah bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujar Suparwoto. (MES)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *