July 4, 2024

Jakarta, JNcom – RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) menegaskan komitmennya untuk terus memberikan pelayanan terbaik yang mampu bersaing di tingkat internasional dalam pelayanan terhadap pasien dengan Palsi Serebral.

Palsiserebral merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi perkembangan Kontrol otot dan gerak serta postur yang terjadi akibat kerusakan otak. Keadaan ini menyebabkan disabilitas yang bersifat permanen.

Untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada orang tua anak dengan Palsi Serebral, RSCM menggelar Talk Show dengan topik “Mengenal Palsi Serebral Lebih Dekat” di Hall Kiara RSCM, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan talk show ini menghadirkan narasumber ahli yaitu Assoc. Prof. Nicole Williams, PhD (Women’s and Children’s Hospital, Adelaide, Australia); Dr. dr. R.A. Setyo Handryastuti, Sp.A(K) (Divisi Paediatrik Neurologi, KSM lImu Kesehatan Anak RSCM); ⁠ Dr.dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH (Divisi Paediatrik Sosial, KSM IImu Kesehatan Anak RSCM); Dr. dr. Luh Karunia Wahyuni, SpKFR-K (Divisi Rehabilitasi Medik Anak, KSM Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSCM).

Pelayanan pasien dengan palsi serebral di RSCM bersifat komprehensif dan mutidisiplin, melibatkan berbagai disiplin ilmu mulai dari dokter, perawat, dietisien, pekerja sosial, fisioterapi, farmasi, dan tenaga penunjang non medis.

Tim dokter terdiri dari berbagai spesialis meliputi spesialis orthopaedi, spesialis anak, dan spesialis rehabilitasi medik. Penanganan secara multidisiplin diperlukan sejak tahap skrining, pre-operasi, pembedahan, dan pasca operasi, hingga perawatan jangka panjang. Berbagai faktor juga menjadi pertimbangan secara cermat, terutama dalam segi medis dan psikologis.

Kelompok Staf Medis (KSM) Orthopaedi dan Traumatologi RSCM telah menjalin kerja sama dengan dokter spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dari Women’s and Children’s Hospital, Adelaide, Australia sejak belasan tahun yang lalu.

Melalui hubungan kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini, RSCM melanjutkan hubungan kerja sama dengan mengadakan kegiatan Talk Show yang bertujuan memberikan edukasi yang mumpuni bagi pasien dan keluarga terkait penatalaksanaan perawatan pasien dengan palsi serebral .

Melalui kolaborasi antara RSCM dengan Women’s and Children’s Hospital,
Adelaide, Australia diharapkan RSCM dapat terus meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik dalam penatalaksanaan pasien palsi serebral secara holistik di Indonesia dan bisa menjadi pengampu bagi rumah sakit nasional. (Red/my)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *