Bersertifikat MUI, BULOG: Masyarakat Aman Konsumsi Daging Kerbau Asal India

Jakarta, JNcom – Pameran Food & Hotel Indonesia sedang berlangsung dari 25 – 28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), mempertemukan ribuan pengusaha, pelaku bisnis, profesional, supplier, distributor, hingga konsumen dan penggiat di sektor bidang perhotelan (hospitality), makanan dan minuman (food & beverages atau F&B) di Indonesia.

Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 pada hari ke-2 di tanggal 26 Juli 2023 ini, berlangsung meriah karena makin banyak pengunjung yang hadir. Berikut salah satu acara yang menarik minat pengunjung untuk datang pada hari ke-2 pameran adalah BULOG TRADE Forum: “Halal Buffalo Meat From India”.

Diketahui, bahwa India adalah negara keempat di dunia yang melakukan ekspor daging kerbau terbesar ke beberapa negara Asia dan Afrika. Diantara negara-negara tersebut adalah Hongkong, Mesir, Malaysia dan Indonesia.

Kadiv Marketing Perum BULOG, Subali Agung Gunawan dalam acara BULOG Trade Forum dalam event FHI 2023, mengatakan, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir lagi saat mengonsumsi daging kerbau dari India.

“Apalagi saat ini, daging kerbau impor dari India sudah melalui sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) termasuk dalam hal pakan ternak dan proses penyembelihan kerbau,” terangnya.

Bahkan, kata Agung, sebelum melakukan penyembelihan hewan di India, BULOG memiliki tim khusus yang ditugaskan di pabrik India untuk memastikan apakah daging kerbau tersebut layak dikirim ke negara kita.

“Untuk keamanan dalam negeri sendiri, BULOG juga secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK untuk meyakinkan bahwa daging frozen dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Agung juga menjelaskan, bahwa semua daging kerbau yang diimpor ke negara kita akan disimpan ke dalam mesin ABF (Air Blast Freezing) dengan minus 40-60 derajat Celcius.

“Mesin pendingin tersebut bermanfaat untuk menjaga kualitas daging serta menjaga agar kadar gizinya tidak rusak,” ungkap Agung.

Sejalan dengan hal ini, Tariq Anwar, selaku Director of Processed Food Division of Allanasons Ltd juga mengungkapkan, Allana Group, merupakan produsen agribisnis India yang telah menjadi pioneer dan market leaders bersertifikasi Halal sejak tahun 1969.

“Bahkan, Allanasons juga telah bekerjasama dengan Indonesia dalam melakukan ekspor daging kerbau halal berkualitas sejak tahun 1983, 1993, 2016 dan masih terus berlangsung sampai sekarang,” ujarnya.

Allanasons juga menjamin bahwa seluruh kerbau yang diproduksi dari peternakan Halal India, juga sangat diperhatikan kesehatannya. Mereka diberi pakan organik berupa, rumput hijau organik, tanpa antibiotik ataupun suntikan hormon tambahan.

“Sehingga, masyarakat Indonesia diharapkan tidak perlu khawatir lagi mengenai higienitas dan kehalalan produk dari Allanasons,” tegas Tariq Anwar, menutupnya. (Chris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *