April 12, 2024

Jakarta, JNcom – Kedatangan Choky Sitohang bersama Rory Rahadian ke pondok pesantren Nahdhotussyubban disambut meriah oleh seluruh santri, meskipun hujan besar sejak sore tidak membuat surut keinginan untuk berkumpul bersama.

Choky dan Rory diketahui memiliki hubungan khusus bak saudara dengan Ustad Zaki Mubarok selaku pimpinan Ponpes.

“Kedatangan kami berdua kesini untuk tetap menjalin silaturahmi dan supaya persaudaraan semakin kental. Saya sudah pernah bertemu ustad Zaki, dan ini pertemuan kedua, karena saya ingin menjadi saudara bersama seluruh santri juga,” kata Choky, Senin (19/06/2023).

Ia mengaku senang sekali karena ustad Zaki memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana hidup berbangsa dalam keberagaman. Bagaimana Indonesia sudah diberikan oleh Tuhan dengan berbagai suku dan bangsa.

“Para pendiri bangsa ini sudah menitipkan Pancasila untuk mempersatukan kita semua. Juga bahwa perbedaan dalam suku, bahasa dan agama merupakan sebuah kekayaan yang harus terus dilestarikan. Jangan mau di pisahkan oleh pemahaman apapun juga,” tegas Choky.

Senada dengan Choky, Rory Rahadian mengatakan bahwa dirinya sudah mengenal sosok ustad Zaki sejak lama yang memang memiliki jiwa nasionalis dan pluralisme yang kental. Yang kemudian Rory mengajak Choky untuk juga bisa bersahabat dengan ustad Zaki.

Ustad Zaki berharap pertemuan kali ini akan terus langgeng, dan kedepannya jangan sampai Rory dan Choky merubah nomor telepon selulernya.

“Jangan sampai nti ketika sudah menjadi anggota dewan malah tidak bisa dihubungi,” ujar ustad Zaki. (Christian butarbutar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *