July 26, 2024

Jakarta, JNcom – Menyikapi proses Pemilihan Presiden pada Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Kajian dan Peduli Hukum Indonesia (DPN LKPHI) berharap pemilihan presiden tetap kondusif hingga seluruh prosesnya selesai.

Direktur Eksekutif, Ismail Marasabessy mengatakan, tidak memungkiri bahwa suhu politik memanas selama proses pilpres ini berjalan, akan tetapi semua pihak bisa menempatkan diri dan memaklumi sebagai bagian dari dinamika politik.

“Patut kita syukuri, pemilu berjalan lancar dan damai. Apapun hasilnya mesti kita terima sebagai konsekuensi negara demokratis,” ujarnya, Rabu (14/2/2024)

Ia menghimbau kepada seluruh pihak untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif dan tidak bereaksi berlebihan, apalagi berupaya memprovokasi adanya kecurangan pemilu sehingga potensial terjadi kegaduhan di tengah masyarakat. Sebab itu, kata Ismail, Kalaupun terjadi dugaan pelanggaran pemilu untuk menempuh jalur-jalur yang telah disediakan oleh Undang-Undang (UU).

“Instrumen Hukum telah disediakan melalui UU, sebab itu jika terdapat dugaan pelanggaran dan kecurangan Pemilu, silahkan laporkan. Tidak perlu menggiring opini berlebihan yang mengakibatkan perpecahan di akar rumput,” terangnya.

DPN LKPHI menyerukan kepada seluruh pihak yang berkontestasi beserta para pendukung masing-masing, untuk menjaga agar proses pemilu tetap berada pada koridor.

“Kita semua wajib menjaga persatuan dan kesatuan agar Pemilu yang sementara berjalan damai ini sampai akhir putusan yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI),” tutup Marasabessy (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *