July 14, 2024

Jakarta, JNcom – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala Kasad XIV Tahun 2023 secara resmi berakhir, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto didampingi Panglima Kostrad (Pangkostrad) yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, menutup kejuaraan tersebut, bertempat di Basket Hall GBK Senayan, Selasa (10/10/2023).

Setelah para Judoka mempertandingkan berbagai kelas sejak bergulirnya mulai tanggal 7 s.d 10 Oktober 2023, PJSI DKI Jakarta berhasil keluar sebagai Juara Umum dengan raihan 14 Medali Emas, 12 Medali Perak dan 9 Medali Perunggu. Posisi juara umum kedua ditempati Kontingen Pemprov Banten dengan perolehan 8 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 7 Medali Perunggu, diikuti Juara Umum ketiga Kontingen Pengprov Jawa Barat dengan torehan 7 Medali Emas, 9 Medali Perak dan 16 Medali Perunggu.

Sementara itu untuk kategori TNI-Polri Kontingen Kodan V/Brawijaya berhasil keluar sebagai Juara Umum dengan raihan 1 Medali Emas, 1 Medali Perak dan 2 rangking 5, Posisi juara umum kedua ditempati Kontingen Kodam III/SLW dengan perolehan 1 Medali Emas dan 1 Medali Perak, diikuti Juara Umum ketiga Kontingen Polda Lampung dengan torehan 1 Medali Emas dan 2 Medali Perunggu.

Dengan capaian tersebut, selain memperoleh gelar Juara Umum Kontingen Pemprov DKI Jakarta dan Kodan V/Brawijaya mendapatkan Piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp. 30 Juta. Juara Kedua Kontingen Pemprov Banten dan Kodam III/SLW mendapatkan uang pembinaan senilai Rp. 15 Juta dan Kontingen Pemprov Jawa Barat dan Polda Lampung mendapat uang pembinaan senilai Rp. 10 Juta.

Dalam amanatnya, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman yang dibacakan Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto mengatakan Kejurnas Judo ini dijadikan bahan evaluasi dan memperbaiki diri serta melahirkan bibit bibit Judo yang andal dan berprestasi

Sebagai mana diketahui bersama Kejurnas Judo ini diikuti dari berbagai provinsi yang telah melahirkan juara juara baru sebagai barometer perkembangan bela diri judo di Tanah air.

Kasad juga mengucapkan selamat kepada para peraih medali. Ia berharap dengan prestasi tersebut para juara Judo Cup Piala Kasad, dapat dipertahankan dan lebih meningkatkan prestasi lagi.

Sementara kepada yang belum berhasil, KASAD berpesan untuk terus mengukir prestasi dan tindak patah semangat, dan menjadikan pengalaman ini sebagai cambuk untuk semangat berlatih secara rutin dam intensif guna meraih prestasi yang lebih baik.

Lebih lanjut dikatakan Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Kejurnas Judo kelas Kadet Junior, Senior dan Kata pada KASAD Cup XIV tahun 2023 merupakan ajang pembinaan Judo yang berjenjang dan berkesinambungan, selain itu Kejurnas Judo kali ini juga menjadi ajang persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024, dan Kejuaraan Dunia.

Pada Kejurnas Judo Kasad Cup XIV 2023 ini tampil sebagai Pejudo terbaik Cadet Putera diraih oleh Jose Fernandes dari PJSI Lampung dan Cadet Puteri Nuraini Salimar dari PJSI DKI Jakarta dan berhak menerima piala serta uang pembinaan masing-masing sebesar Rp.1.000.000,-

Pejudo terbaik Junior Putera Diraih Oleh Raihan Nabil Dari PJSI DKI Jakarta dan Junior Puteri Dwike Hepto Januartika Dari PJSI Jateng dan berhak menerima piala serta uang pembinaan masing-masing sebesar Rp.1.500.000,-

Pejudo terbaik Senior Putera Diraih oleh Iksan Apriadi dari PJSI Jabar dan Senior Puteri Dini Febriyanti Dari PJSI Banten dan berhak menerima piala serta uang pembinaan masing-masing sebesar Rp.2.000.000,-

Pejudo terbaik TNI-Polri Putera Diraih Oleh Guntoro Wicaksono dari Kodam V/Brawijaya dan Puteri Yessi Agia Nurshifa dari Pusdikjas Disjasad menerima piala serta uang pembinaan masing-masing sebesar Rp.2.000.000,-

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada para penggiat olahraga Judo yang telah berjasa membesarkan olahraga Judo di tanah air.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Piala KASAD XIV/2023 Kolonel Inf Albert Simanjuntak yang didampingi Humas PB PJSI Ibu Sukma menambahkan, bahwa Kejurnas Judo Kasad Cup XIV ini mempertandingkan berbagai kelas diikuti dengan total jumlah peserta 663 atlet dari TNI-Polri dan umum terdiri dari 60 kesatuan dan 24 Pengprov PJSI dan 1 tim Pelatnas Judo Indonesia serta 127 orang official, wasit/juri kata 127 orang, wasit/juri kata ujian 41 orang, dan panitia 121 orang, atotal 1.052 orang. (Penkostrad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *