July 26, 2024

Jakarta, JNcom – Sejalan dengan rencana seleksi calon PNS yang akan dibuka pada September mendatang, sekolah kedinasan menjadi salah satu lembaga penyedia ASN. Karena pentingnya menjaga kualitas dan integritas PNS, tidak mengherankan apabila sekolah kedinasan memiliki standar yang ketat dalam proses seleksi.

Selain karena di beberapa sekolah kedinasan bebas biaya pendidikan, para lulusannya juga bisa langsung mempraktekkan bidang keilmuannya untuk kepentingan negara sebagai PNS.

Tidak mengherankan jika ingin menjadi peserta didik di sekolah kedinasan, calon taruna dan taruni atau mahasiswa perlu memiliki keterampilan yang sesuai persyaratan. Meski demikian, pada tahun 2022 lalu ada juga sekolah kedinasan jurusan sekolah IPA yang lulusannya auto PNS namun sepi dari peminat.

Berikut ini adalah daftar sekolah kedinasan untuk jurusan sekolah IPA yang terbilang sepi peminat :

1. Politeknik Pelayaran Banten.
Politeknik Pelayaran Banten merupakan institusi yang secara khusus mencetak mahasiswa tingkat Diploma III atau D3. Di Politeknik ini terdapat tiga program studi atau prodi yang sesuai dengan jurusan sekolah IPA antara lain Prodi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Transportasi Laut.

Meski ketiga program studi yang ditawarkan Poltek Pelayaran Banten lebih cocok untuk jurusan IPA, namun tidak menutup kemungkinan untuk program IPS atau Bahasa.

Bagi pelajar SMA atau sederajat yang ingin bergabung di Poltek Pelayaran Banten, hanya bisa mengikuti Prodi Manajemen Transportasi Laut. Untuk waktu pembukaan atau pendaftaran, Politeknik Pelayaran Banten biasanya dibuka pada Bulan Oktober setiap tahun.

2. Politeknik Penerbangan Makassar.
Selain cocok bagi pelajar SMA jurusan IPA, politeknik ini juga sesuai untuk pelajar SMK jurusan Teknologi Pesawat Udara, Otomotif dan Teknik Komputer.

Selain itu Poltek Penerbangan Makassar juga sesuai untuk lulusan SMK jurusan Teknik Mesin, Elektronika, Teknik Telekomunikasi, serta Teknik Kelistrikan.

3. Politeknik Pelayaran Barombong untuk lulusan Diploma IV atau D4.
Di Poltek Pelayaran Barombong terdapat dua program studi antara lain Teknik dan program studi Nautika. Mengingat kedua prodi tersebut banyak berisi pelajaran eksakta, maka lulusan IPS atau Bahasa perlu effort lebih untuk mencari sekolah kedinasan lain.

Demikian tiga sekolah kedinasan sepi peminat yang dikutip pada dari kanal Youtube GEP Media. (Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *