FKUB Jakarta Timur Ajak Umat Ciptakan Pemilu Damai 2024

Metropolitan224 Views

Jakarta, JNcom – Menjelang pesta demokrasi 2024 yang diharapkan dapat berjalan lancar dan aman. Tak pelak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Timur ikut ambil bagian dalam menyukseskannya.

Menurut Ma’arif Fuadi Kerukunan umat beragama menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga stabilitas, persatuan, dan kesatuan bangsa menjelang Pemilu Serentak 2024. Untuk mewujudkannya dibutuhkan dukungan dan peran serta dari seluruh komponen bangsa agar Pemilu dapat berlangsung dengan baik tanpa gangguan dan hambatan sehingga berjalan aman, damai, dan harmoni.

“Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta timur mempunyai peran penting dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang damai,” ujar KH. Ma’arif Fuadi selaku Ketua FKUB Jakarta Timur ketika dihubungi JURNALNUSANTARA.COM, di Jakarta, Sabtu (4/11/2023)

Dikatakan Ma’arif FKUB sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang sangat strategis karena mereka memiliki umat untuk membangun kesejukan sehingga Pemilu bisa berjalan lancar dan sukses.

Untuk itu berbagai upaya yang dilakukan FKUB Jakarta Timur untuk menyukseskan Pemilu 2024 antara lain memetakan potensi permasalahan yang dapat mengganggu kerukunan umat beragama, memitigasi dan menemukan solusi terhadap permasalahan berlatar belakang keagamaan, mengidentifikasi dan memperkuat kearifan lokal yang dapat mendukung kerukunan umat beragama, memperkuat pemahaman praktik keagamaan yang harmonis, damai, dan toleran kepada masyarakat, dan mengajak umat untuk menghindari politik identitas, ujaran kebencian, hoaks dan permusuhan berlatar belakang agama, suku, maupun golongan dalam kontestasi Pemilu Tahun 2024.

Untuk mencapai maksud tersebut diantaranya FKUB Jakarta Timur akan melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Toleransi Internasional yang diperingati setiap tanggal 16 Nopember. Acara tersebut akan diisi dengan Deklarasi Komitmen Kebangsaan Tokoh-tokoh Lintas Agama dalam Mewujudkan Pemilu Damai 2024 dan Sosialisasi Pemilu Damai untuk para tokoh agama dan guru SLTA.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para tokoh lintas agama dapat menyampaikan kepada umatnya dan para guru kepada murid-muridnya sebagai pemilih pemula agar tercipta pemilu damai. Saat ini Kota Jakarta Timur dalam keadaan kondusif, aman rukun dan damai,” tandasnya. (s handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *