June 17, 2024

Jakarta, JNcom – Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Irvansyah resmi menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang baru menggantikan Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang telah mengakhiri masa tugasnya karena memasuki masa Purnawirawan. Laksdya TNI Irvansyah secara langsung dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, pada Rabu (13/9/2023).

“Siang tadi jam 14:30 bapak Presiden secara resmi melantik Laksdya TNI Dr. Irvansyah menjadi Kepala Bakamla, dan Alhamdulillah saya sudah melaksanakan tugas di Bakamla sejak tahun 2020,” ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia usai upacara serah terima jabatan.

Selama saya menjabat, kata Aan, capaian-capaian bersama seluruh personel Bakamla bisa meningkatkan kinerja dan meraih hasil baik lingkup nasional maupun internasional. Selama bertugas, banyak yang telah berhasil diamankan seperti narkoba, kapal super tanker yang membawa oil.

“Salah satu bentuk yang bisa kita banggakan adalah Bakamla menjadi chairman dalam ASEAN Coast Guard. Saya yakin dengan kepemimpinan Pak Irwansyah, beliau bisa melanjutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Laksdya TNI Dr. Irvansyah dalam sambutannya menyampaikan dan mengajak seluruh personel Bakamla untuk tetap solid dan kompak untuk melakukan hal positif demi kemajuan Bakamla.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang telah bekerja keras dan bekerja ikhlas disertai loyalitas yang tinggi dari beliau sehingga Bakamla dapat mencapai prestasi dan kinerja yang baik serta disegani baik ditingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Pengangkatan Laksdya TNI Dr. Irvansyah berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 118/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Keamanan Laut, secara resmi Kepala Bakamla RI berganti.

Sebelum dilantik oleh Presiden RI, dilakukan rangkaian kegiatan Pelantikan dan Upacara Serah Terima Jabatan yang diawali dengan Exit Briefing/Apel Khusus, dilanjutkan dengan Pembacaan Memorandum oleh Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia. Kemudian dilanjut dengan Pelantikan Kepala Bakamla RI di Istana Negara, bergeser Upacara Serah Terima Jabatan di Mabes Bakamla RI. Setelah itu, acara diakhiri dengan Pelepasan dan Penyambutan Kepala Bakamla RI.

Laksdya TNI Dr. Irvansyah merupakan perwira tinggi TNI-AL yang mengawali karir militernya melalui pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL) pada angkatan keXXXVI tahun 1990. Jenderal bintang tiga ini pernah menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (2020-2021), Panglima Komando Armada Ill ke-3 (2021-2023), hingga menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Gabungan, Wilayah Pertahanan I di tahun 2023 sebelum penunjukan terakhirnya sebagai Kepala Bakamla RI di tahun yang sama. (Red/My)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *