May 21, 2024

Jakarta, JNcom – Kemdikbud dalam usahanya untuk terus mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, memperbaharui kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka yang menitikberatkan pada materi esensial yang dipelajari lebih mendalam, pengembangan diri dan karakter dalam belajar, pencapaian dalam setiap fase dan jam belajar yang fleksibel.

Upaya pengembangan diri yang ditujukan untuk siswa, menjadi inspirasi hadirnya aplikasi Aku Pintar Indonesia. Dengan mengembangkan fitur yang memudahkan siswa untuk mengetahui minat bakat, passion, dan kemampuannya. Besar harapan bahwa pengetahuan mengenai diri mereka bisa membuka wawasan serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Tidak berhenti di situ, aplikasi Aku Pintar mendukung pemerintah dan Kurikulum Merdeka melalui inovasi dalam setiap fitur di dalamnya. Fitur-fitur terbaru yang diinovasikan diantaranya adalah kurikulum baru yang sudah terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka agar selaras dengan pembelajaran di sekolah. Rekomendasi mata pelajaran setelah mengikut tes penjurusan dengan harapan murid dapat lebih fokus belajar sesuai minat dan bakatnya, AI Chatbot menjadi teman ngobrol di segala situasi bernama Asterbot, konselor AI pendidikan pertama di Indonesia.

CEO Aku Pintar Indonesia, Prasetya Gilang menyampaikan fitur-fitur terbaru dari Aku Pintar selalu memperbaharui sistem agar sesuai dengan kurikulum pemerintah.

“Setiap fitur yang dimiliki oleh Aku Pintar sebelum di release, kami pastikan sudah mengkaji lebih dalam sebelumnya, terlebih fokus kami saat ini untuk dapat terus memperbaharui setiap fitur agar dapat selaras dengan kurikulum milik pemerintah yaitu kurikulum merdeka,” ujar Prasetya, dalam siaran pers yang diterima redaksi JurnalNusantara.com, Senin (21/8/2023).

Ia menambahkan, Fitur terbaru dan akan menjadi fitur unggulan dari Aku Pintar yaitu AI Chatbot, dimana fitur ini kami namakan Asterbot yang menjadi konselor AI pendidikan pertama di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi teman ngobrol murid-murid di setiap situasi dalam membahas pelajarannya.

Menurutnya, memiliki teman berbincang selama menjalani jenjang pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting, baik saat SMA/SMK hingga masa perkuliahan. Namun, hal tersebut menjadi salah satu masalah ketika siswa lebih nyaman bertanya dengan teman sebangkunya saja, dimana keduanya berada pada situasi yang sama dalam mengeksplorasi diri sendiri, dan membutuhkan seseorang yang lebih berpengalaman untuk berbagi cerita. Oleh karena itu, teknologi AI yang dimiliki Asterbot diharapkan dapat menjadi sosok teman yang mampu menjawab pertanyaan siswa tanpa dipungut biaya.

Dalam upaya mendukung perjalanan murid dan menjadi teman dalam segala suka-duka kelas 12 menuju kampus impian, Aku Pintar juga mengeluarkan beberapa produk spesial dengan harga yang sangat terjangkau untuk kantong siswa dengan paket lengkap diantaranya tes psikologi untuk menentukan menentukan potensi dan rekomendasi jurusan, kelas pembekalan materi, dan tryout agar dapat lolos di kampus impiannya. Ada juga beberapa produk untuk mengasah soft skill untuk semua jenjang seperti kursus bahasa, podcast, public speaking, dan banyak lagi. (Red/my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *