Rizka : Humas Harus Beradaptasi dan Tingkatkan Kompetensi 

Nusantara317 Views

Yogyakarta, JNcom – Kemajuan teknologi digital dibidang komunikasi khususnya bertujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia untuk saling bertukar informasi dengan mudah. Tingkat mobilisasi manusia yang semakin bertumbuh menyebabkan kebutuhan terhadap layanan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin tinggi.

Merespon kemajuan teknologi di era digital ini, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT) Wilayah V menggelar acara Workhsop Penguatan Kehumasan bagi humas perguruan tinggi swasta (PTS). Bertempat di hotel Rich Yogyakarta 15 Mei 2023 dihadiri oleh 100 pengelola humas perguruan tinggi swasta.

Kepala Lembaga Prof. drh. Aris Junaidi. Ph.D Acara membuka gelar acara secara resmi. Dalam sambutannya menyatakan, humas sebagai corong utama sebuah organisasi dalam membentuk citra intansi. Kreativitas menjadi hal penting dalam menjalankan tugas sebagai seorang humas.

“Humas mempunyai peranan untuk membangun image building dan di era digital workshop sangat diperlukan adanya inovasi semangat baru dalam mempromosikan mengkomunikasikan kepada stakeholder,” tegasnya.

3 narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini. Pertama, dosen LSPR Rizka Septiana M.Si memaparkan materi terkait dengan Effective Public Relations in Digital Era. Satu point yang ditekankan bahwa diera digital strategy yang dapat diterapkan yakni POSE (Paid, Owned, Shared, Earned).

Dalam pemaparan materi, Rizka Septiana M.Si menyampaikan, seorang Humas haruslah terus beradaptasi dengan perkembangan jaman dan selalu meningkatkan kompetensi diri. Perangkat komunikasi akan selalu berkembang, namun harus digarisbawahi bahwa masyarakat adalah sasaran komunikasi kita.

“Peningkatan kompetensi diri Humas akan membuat kita para Humas semakin jeli dan paham dengan kebutuhan masyarakat sesungguhnya. Kita harus sinergikan setiap kegiatan kehumasan secara konvensional maupun digital. Terakhir, tak ada yang instan di dunia ini, semua membutuhkan perencanaan dan proses untuk memperlihatkan apa yang kita lakukan adalah dengan niatan baik kepada masyarakat umum,” tambahnya saat dikonfirmasi melalui telepon genggam, Rabu (17/5/2023) malam.

Narasumber berikutnya, Didik Arwinsyah SEO. Ia merupakan SEO Indonesia. Materi yang disampaikan cukup gamblang. Dalam pemaparannya seorang humas harus paham Teknik atau keypoint dari kerja Search Engine Optimization (SEO).

Selanjutnya pemaparan diakhiri Kepala Humas Protokol Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Beliau berbagi praktek baik terhadap pengelolaan kehumasaan khususnya media sosial di UAJY. (Guffe).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *