by

Dukung Jokowi Tiga Periode, GEPENTA Usulkan Perubahan Pasal 7 UUD 1945 Amandemen

-Politik-97 views

Jakarta, JNcom – Menjelang pemilihan Presiden pada Pemilu 2024, Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran (GEPENTA) mengusulkan Joko Widodo kembali memimpin bangsa Indonesia untuk ketiga kalinya pada periode 2024-2029. Usulan tersebut disampaikan Ketua Umum Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran (GEPENTA), Dr Drs Parasian Simanungkalit SH, MH dalam jumpa pers, Kamis (29/12/2022) di kantor GEPENTA, Jakarta.

Ketua Umum GEPENTA, Parasian Simanungkalit menilai, Kekuatan utama kepemimpinan Jokowi adalah keberhasilan dalam menegakkan dan mempertahankan ASTRA GATRA IPOLEKSOSBUD HANKAM. Salah satunya ialah Indonesia sukses dipercaya menjadi Presidensi G20 tahun 2022 di Bati, yang dihadiri pemimpin negara-negara maju. Dunia internasional sangat mengharapkan peran serta Indonesia dalam menjaga stabilitas dunia terkini pasca pandemi.

Berdasarkan data hasil survey antara lain:
1. Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo meningkat. Peningkatan ini terlihat dalam dua survei terakhir. Berdasarkan survei LSI pada Februari lalu, kepuasan terhadap presiden berada di angka 65,9 persen dan kemudian pada Mei berada di angka 67,5 persen. (4/9/2022).
2. Indikator Politik Indonesia menunjukkan, tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo mencapai 67 persen. Persentase 67 persen tersebut terdiri dari 13,7 persen responden sangat puas dan 53,4 persen cukup puas terhadap Jokowi. “Mayoritas merasa cukup atau sangat puas dengan kinerja Presiden 67 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam konferensi pers, (2/10/2022).
3. Hasil survei terbaru lembaga penelitian kebijakan dan opini publik, Populi Center, menunjukkan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi. Presiden Jokowi dinilai berhasil menjalani arah pemerintahan termasuk melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19.
4. Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru tentang kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Hasil survei terbaru pada Juni 2022 menunjukkan bahwa 68,479 masyarakat menyatakan puas atas kinerja pemerintah.

“Dengan prestasi besar Presiden Joko Widodo yang akan berakhir tahun 2024, mengapa tidak dapat dilanjutkan tiga periode kalau untuk mendekatkan tercapainya tujuan Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dengan adanya Konstitusi yang sudah dirubah terutama Pasal 7 UUD 1945, maka tahun 2024 Presiden Joko Widodo dapat mencalonkan diri, dicalonkan oleh Parpol dan koalisinya. Karena begitu besar keinginan rakyat Indonesia untuk mempertahankan Presiden Joko Widodo untuk memimpin Indonesia kembali,” ungkap Parasian.

Parasian menambahkan, dengan niat untuk mengakomodir begitu besar keinginan rakyat bangsa Indonesia untuk melanjutkan periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Maka perlu diberikan jawaban kepada rakyat agar ada payung hukumnya yaitu konstitusi UUD 1945. Dalam Amandemen UUD 1945 Pasal 7, menentukan hanya 2 periode. Karena kehendak sebagian besar rakyat Indonesia yang mendukung kembali Joko Widodo menjadi Presiden RI.

Dengan diusulkannya agar Presiden Joko Widodo dapat melanjutkan 3 periode menjadi Presiden RI menjadi langkah yang progresif demi kepentingan pembangunan nasional. GEPENTA mengusulkan sebuah jalan yang ditempuh antara lain:
1. MPR RI bersidang mencabut Amandemen UUD 1945 dan Kembali KE UUD 1945 ASLI
2. Presiden RI menerbitkan Dekrit Presiden Kembali ke UUD 1945 dan memberlakukan Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959.
3. MPR RI bersidang khusus Merubah Pasal 7 UUD 1945 AMANDEMEN Tentang Periode Presiden hanya dua kali menjadi dapat dipilih kembali pada Periode Ketiga.

“Apabila tidak bersedia melaksanakan ketiga saran dan usulan tersebut, maka sebaiknya diminta pendapat dan kehendak seluruh rakyat Indonesia melalui Referendum yaitu meminta pendapat dan kehendak apakah Kembali ke UUD 1945 ASLI. Atau hanya merubah Pasal 7 UUD 1945 AMANDEMEN tentang Periode Presiden RI dua periode menjadi tiga periode,” pungkasnya. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed