by

DPD GPP DKI Jakarta Ingin Menjadi Barometer Pembumian Pancasila

-Nasional-104 views

Jakarta, JNcom – Ketua Umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila (GPP), Dr. Antonius D.R Manurung, MSi menegaskan bahwa GPP menjadi bagian dalam berkontribusi memediasi nilai-nilai luhur Pancasila dari pemerintah kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikannya disela-sela menghadiri rapat kerja DPD GPP DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022).

“Sebagai organisasi kemasyarakatan dan independen, kami memiliki komitmen untuk terus memperjuangkan nilai-nilai luhur Pancasila agar menjadi jati diri bangsa Indonesia. Konsepnya adalah melalui pengembangan program organisasi, kaderisasi, pendidikan ideologi, budaya dan lainnya,” ujar Antonius.

Sebagai program unggulan, tambah Antonius, GPP memiliki program diskursus Pancasila sebagai langkah konkret dalam mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila. Ia berharap seluruh anggota memiliki kematangan secara ideologi agar tidak mudah terprovokasi radikalisme, liberalisme dan berbagai hal yang merusak moralitas bangsa.

“Tentunya kita tidak ingin bangsa yang sudah merdeka ini hanya sekedar formalitas, namun realitanya juga harus merdeka,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD GPP DKI Jakarta Dr. Raja Sirait SE Ak, SH, MH, MM mengatakan, terkait dengan implementasi nilai-nilai Pancasila, Raja Sirait menilai saat ini terjadi kekosongan dalam kehidupan bermasyarakat. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila harus hidup ditengah masyarakat sebagai pijakan.

“Kami melihat nilai-nilai Pancasila belum menggelora di masyarakat. Ketika ada kekosongan nilai-nilai Pancasila, dikhawatirkan akan terjadi konflik. Kami akan terus menggelorakan hingga akar rumput,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD GPP DKI Jakarta Henderi SH, MH, M.Kn mengemukakan bahwa DPD GPP DKI Jakarta telah merancang program ke depan sekaligus melakukan pemantapan program dengan membentuk DPC di DKI Jakarta.

“Kami sudah membentuk 6 DPC untuk DKI Jakarta. DPD GPP DKI Jakarta akan menjadi barometer bagi DPD GPP lainnya dalam menggelorakan semangat membumikan Pancasila,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed