by

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu DKI Jakarta Lakukan Konsolidasi Bersama Media

-Politik-95 views

Jakarta, JNcom – Pelaksanaan pemilu menjadi hal menarik bagi konsumsi media khususnya masa kampanye. Namun yang perlu dicermati adalah ketika IKN berpindah sehingga ada implikasi bagi DKI Jakarta dan daerah pemilihan pemilu. Hal tersebut disampaikan Biro SDM Bawaslu DKI Jakarta, Irwan dalam acara diskusi bertema Konsolidasi Bawaslu DKI Jakarta bersama media dalam menghadapi pemilu serentak 2024, Jumat (19/8/2022) di Jakarta.

“Kedua isu tersebut menjadi hal menarik bagi media untuk memberitakan DKI Jakarta,” ujar Irwan. Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu DKI Jakarta juga melaunching podcast Bawaslu Bincang Pengawasan Pemilu antara Bawaslu dengan masyarakat.

Kepala Sekretariat Bawaslu DKI Jakarta, Dini menjelaskan, Sekretariat Bawaslu dibentuk untuk mendukung administrasi dan teknis operasional terhadap tugas-tugas diantaranya penanganan pelanggaran.

“Kami menyiapkan infrastruktur untuk kebutuhan tugas-tugas tersebut. Media dapat berdiskusi di ruangan yang telah disediakan,” ujarnya.

Sementara itu, Wartawan Senior, Ilham Khairi mengungkapkan berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, peran media seringkali mempublikasikan pasangan calon berdasarkan lembaga survei tertentu. Untuk pemilu 2024, akan menimbulkan kompleksitas sehingga media harus kembali menjadi alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengawasi pelaksanaan pemilu agar bersih hal-hal yang merusak pemilu.

“Syaratnya adalah media harus independen secara politik dan profesional serta memihak untuk kepentingan bangsa,” ujarnya. (My)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed