by

Kemensos RI Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah di Papua

-Nusantara-215 views

Jakarta, JNcom – Menjelang Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 digelar Kemensos, tidak hanya di Lombok Timur yang digelar menjadi lokasi puncak acara, tapi juga beberapa titik termasuk lokasi komunitas adat terpencil.

Seperti yang diungkapkan, Arman dan Salfina (7) merasa gembira, sebab kampungnya, Erosaman sudah terang dan bisa internet-an. Mereka dapat bantuan berupa Balai Sosial beserta perlengkapanya dari Kementerian Sosial.

Menurut Menteri Sosial, Tri Rismaharini bahwa Erosaman, Papua menjadi salah satu lokasi rangkaian HAN 2022. Hal ini karena ingin agar semua anak, tidak terkecuali punya hak yang sama, hak untuk terlindungi, bebas berkreasi, beraktivitas dan gembira.

Erosaman merupakan satu dari tiga kampung di Kabupaten Asmat, Papua yang mendapatkan bantuan balai sosial lengkap dengan sarana pendukung lainnya seperti penerangan panel surya (solar cell), Smart TV 82 inchi, standing TV, Speaker TV (Home Theater), parabola dan paket internet.

Selain itu juga balai sosial dilengkapi meja belajar lipat, buku tulis, buku gambar, crayon, pensil, puzzle, buku baca agama katolik, buku baca tentang budi pekerti, papan tulis, lemari buku, perlengkapan dapur hingga karpet.

Salfina selaku pelajar dari SD Inpres Kumurai, Kampung Amkum Distrik Derkoumur, Asmat mengatakan, “Saya senang kakak, jadi bisa belajar, bisa internet. Sudah besar saya mau jadi guru,” ujarnya kepada media, Minggu (31/7/2022).

Balai sosial ini selanjutnya dikelola dan dirawat oleh kepala kampung yang sehari-harinya digunakan anak-anak untuk bermain dan belajar bersama.

Sebagai pelajar di Kampung Amkum Distrik Derkoumur, Asmat, Arman dan Salfina hanyalah dua dari puluhan anak dikampungnya yang merasakan manfaat bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial.

Kegembiraan mereka bertambah karena pada peringatan HAN tahun 2022, kampung Erosaman menjadi salah satu tempat pelaksanaan peringatan HAN di Kabupaten Asmat. (Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed