by

YKMM Giat Field Trip, Destita: Anak Muda Bengkulu Bisa Jadi orang Sukses Serta Maju Kedepannya

-Nusantara-225 views

Bandung, JNcom– Yayasan Kembang Mumpo Mulya (YKMM) melaksanakan program kegiatan Field Trip 22 – 25 Juli 2002. Enam orang peserta Field Trip terdiri dari dua siswi SMAN 5 Kembang Mumpo Kabupaten Seluma, dua orang tenaga pendidik yaitu Kepala Sekolah Deka Hellyan Saputra M.Pd, serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Agustus serta dua jurnalis senior dari Bengkulu.

YKMM mendukung generasi muda untuk berakhlak baik, berani, maju dan hebat. Bertemakan “Field Trip to Success, Dare to Dream”.

Saherman selaku Ketua YKMM menerangkan bahwa yayasan yang baru terbentuk mempunyai tujuan serta visi misi untuk memajukan daerah.

“Terbentuknya YKMM baru bulan lalu langsung berkontribusi sosial untuk masyarakat Bengkulu. Salah satunya mengajak langsung dua siswi Bengkulu yang berprestasi untuk keliling atau jalan-jalan ke kampus ternama tanah air,” ujarnya.

“Kehadirannya memberikan khasanah baru bagi masyarakat Bengkulu. YKMM ini bergerak mulai dari pembinaan sumber daya manusia, sosial, pendidikan, spiritualitas hingga ekonomi. Kemarin adalah hari pertama pada Jumat kita sudah mengunjungi Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan mengenalkan kampus-kampus terkenal lainnya dalam Field Trip yang masih akan berlanjut hingga hari Senin nanti,” ungkapnya, Sabtu (23/7/2022).

Sebelumnya dalam pertemuan bersama peserta Field Trip. Destita Khairilisani selaku pembina mengatakan bahwa Ia memberikan motivasi, membuka cakrawala dan mindset bahwa anak dari daerah bisa kuliah di Universitas ternama di tanah air seperti Universitas Indonesia (UI), bahkan anak muda daerah bisa menjadi orang sukses serta maju kedepannya jika mempunyai keinginan, kemampuan dan berani mencoba. Seperti pengalaman ketika dirinya tamat SMA dulu.

Hari berikutnya Sabtu mengunjungi Universitas Indonesia (UI) Depok dan Insttitut Pertanian Bogor (IPB), Esoknya Minggu mengunjungi Institut Teknologi Bandung (IPB).

Destita mengatakan bahwa Ia yang dari daerah berhasil lolos masuk dan diterima di UI bahkan Ia pun akhirnya bisa kuliah dengan tanpa membebani orang tua.
.
“Saya ingin membuktikan pada orang tua bahwa kita bisa berhasil lolos dan masuk kuliah di UI meskipun dari daerah. Saat itu dari ribuan peserta yang mendaftar, saya berhasil lolos masuk dan jadi peserta yang lulus untuk kuliah di UI saat itu hanya 40 orang yang diterima.

Menurutnya, semua itu bisa kita terima dan dapatkan jika kita belajar dengan serius. Jadi kerja keras saya belajar hingga larut malam, semuanya bisa terbayar dengan pendidikan gratis ditambah beasiswa yang didapatkan.

“Nah kedepan lewat Field Trip ini, saya ingin adik-adik, anak muda Bengkulu juga demikian, berani dan berhasil dimasa akan datang. Jadi tidak usah ragu dan malu. Sebab itu, kali ini kita bawa adik adik dari SMAN 5 beserta gurunya untuk melihat langsung serta bertanya kepada pihak kampus, mulai dari UNJ, kemudian UI, IPB serta ITB.

Kedua siswi peserta Field Trip yakni, Merly dan Liga Nurdayanti siswi SMAN 5 Kembang Mumpo Kabupaten Seluma mengaku senang dan bahagia bisa berkesempatan ikut keliling kampus tenama di Indonesia secara gratis yang difasilitasi YKMM.

Dua siswi ini terlihat kagum saat Field Trip di Kampus UNJ. Kedua siswi yang berprestasi di sekolahnya tu termotivasi untuk kuliah di UNJ.

Kepala SMAN 5 Kembang Mumpo Kabupaten Seluma Deka Hellyan Saputra M. Pd mengatakan terima kasih dan berharap ada tindaklanjut dari program Field Trip YKMM.

Deka menambahkan, Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan Field Trip kali ini. Kegiatan ini sangat baik dan kami berharap anak-anak bisa termotivasi untuk menempuh pendidikan di universitas, perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Setelah kegiatan ini, masukan dari kami dilakukan evaluasi untuk tindaklanjut kedepan agar program Field Trip ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

Kunjungan terakhir saat di ITB ini hari Minggu (24/7/2022), kedua siswi SMAN 5 Kembang Mumpo Sluman yaitu Merly dan Liga Nurdayati memberikan inspirasi dan semangat melalui jejaring sosial untuk kawan kawan sekolahnya.

Merly mengungkap bahwa Kami berdua merupakan siswi SMA 5 Seluma yang berkesempatan datang secara langsung ke kampus ITB ini.

“Kami berdua mengucapkan ribuan terimakasih kepada Yayasan Kembang Mumpo Mulya (YKMM) telah memberikan kesempatan datang secara langsung kesini,” ujarnya.

Merly mengungkapkan, untuk kawan kawan semuanya apabila kita berusaha, giat, dan segala yang kita niatkan akan tercapai kalau benar benar ingin mengejarnya.

“Untuk kawan kawan jangan patah semangat, terus berjuang, ayo belajar dan saksikan kakak pasti bisa datang kesini lagi dan kuliah di ITB ini,” imbuhnya

Dalam kesempatan itu Liga Nurdayati menuturkan jangan lupa belajar, berusaha, rajin dan aktif di bidang organisasi. Bagi teman teman tetap semangat. (Guffe)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed