by

Rakernas PDIP, Hasto: PDIP Ingin Memperjuangkan Perbaikan Kehidupan Rakyat

-Politik-64 views

Jakarta, JNcom – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Dijadwalkan Rakernas akan membahas sejumlah isu strategis, semisal isu kemajuan desa hingga kriteria dasar capres-cawapres 2024.

Rakernas telah dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga hadir.

“Bapak Presiden Ir Jokowi, kader PDIP, dan para menteri yang hadir lalu juga ada dari Kepala BIN dan anak-anakku yang saya sayangi dan saya hormati, dan para hadirin hadirat yang mengikuti acara pembukam Rakernas PDIP,” kata Megawati membuka acara.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Presiden Jokowi dijadwalkan memberi sambutan.

“Acara rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas,” kata Hasto.

Hasto menjelaskan Rakernas PDIP kali ini mengusung tema ‘Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat’. Subtema dari Rakernas PDIP adalah ‘Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara’.

“Desa adalah taman sari kearifan lokal Nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa. Membangun Indonesia harus dimulai dari desa dengan program pembangunan di segala bidang kehidupan, berbasis pada hasil riset nasional. Sehingga ke depan harus ada optimalisasi peran peneliti dan perekayasa di kampus-kampus yang mengolah sumber daya di desa,” kata Hasto.

Hasto menjelaskan, seperti yang pernah diungkapkan Megawati Soekarnoputri, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Pembangunan Indonesia ke depan, katanya, dimulai dari desa. Hasto menyebut PDIP menganggap desa sebagai ujung tombak pemerintahan yang berada di garda terdepan pelayanan publik sekaligus tempat hidup tradisi dan adat istiadat.

Dengan tema ini, kata Hasto, PDIP ingin memperjuangkan perbaikan kehidupan rakyat melalui keputusan-keputusan politik yang jelas. “Desa kuat, Indonesia maju dan berdaulat,” ujar Hasto.

Ada momen mengejutkan disela pembukaan Rakernas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersalaman dengan Bambang Wuryanto selaku Ketua DPD PDIP Jateng. Sekedar informasi, hubungan keduanya dikabarkan kurang harmonis alias renggang.

Bambang Pacul memang kerap kali melontarkan kritikan dan sindiran yang ditujukan kepada Ganjar. Namun semua dugaan akan kerenggangan hubungan kedua langsung sirna ketika Ganjar bersalaman. (Chris)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed