by

Sejak 2017-2021, KPK Terima 841 Keluhan Terkait Masalah Pertanahan

-Nasional-105 views

Jakarta, JNcom – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan sejak 2017 sampai dengan 2021, terdapat 841 keluhan  terkait dengan masalah pertanahan.

“Isu ini juga menjadi substansi yang sangat tinggi jika kita lihat, termasuk di pengadilan Tipikor, PTUN, isu ini juga menjadi salah satu yang sering disengketakan,” ujar Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/10/2021).

Hal diungkapkan Lili, saat KPK melakukan kajian pencegahan korupsi pada layanan pertanahan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) 2021.

”Kajian ini juga merupakan bentuk dari tugas KPK dalam melakukan koordinasi dan supervisi terhadap lembaga-lembaga negara yang menjalankan fungsi pelayanan publik. Hal ini menjadi tugas monitoring terkait kajian sistem pengelolaan administrasi untuk lembaga negara dan lembaga pemerintahan,” katanya.

Lili menerangkan, kajian sistem pengelolaan pertanahan kali ini berfokus pada pendaftaran, pengukuran, serta penyelesaian sengketa dan konflik.

Sebelumnya, KPK melakukan kerja sama dengan beberapa instansi di pemerintah pusat dan daerah serta BUMN/BUMD dalam tata kelola bidang tanah sebagai salah satu upaya penyelamatan aset negara.

Dalam pertemuan, Lili berharap agar sistem pengarsipan pertanahan terdigitalisasi sehingga menghindari penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang supaya tidak semakin menyulitkan penegakan hukum saat proses pembuktiannya. Dengan demikian, celah rawan korupsi pada sektor ini dapat ditutup. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed