by

Berbagai Varian Rasa dari Bahan Singkong

-Produk-596 views

Semarang, JNcom – Ketela pohon atau yang lebih disebut Singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari asal suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Singkong rebus bermanfaat untuk kesehatan. Singkong merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki banyak nutrisi.
Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam Singkong diantaranya Karbohidrat, Serat, Protein vitamin C, vitamin A, Kalsium, Fasfor magnesium kalsium serta mengandung air.

Dari hasil riset Singkong rebus juga banyak manfaat untuk kesehatan seperti sumber serat baik untuk pencernakan agar membentuk tubuh langsing dan sehat serta dapat menguatkan otot serta kekebalan tubuh.

Atas dasar bahan baku (singkong) yang tidak sulit didapat serta manfaatnya cukup besar membuat Iis Andra terinspirasi untuk memproduksi sajian menu dari bahan Singkong. “Awalnya saya coba coba memproduksi dengan modal awal dua puluh ribu,” ungkap wanita kelahiran Salatiga 57 tahun yanglalu itu dengan mimik polos.

Menurutnya, semua Singkong baik, tapi lebih baik Singkong dari Wonosobo Jawa tengah selain faktor diameter ukuran Singkong juga kualitasnya lebih bagus ketimbang Singkong lokal.

Beranjak usaha yang digeluti sejak 2017 kini Iis Andra telah menciptakan berbagai menu dengan bahan Singkong antara lain Singkong keju, Gethuk chrispy serta Gemblong cotot, dengan empat varian rasa dengan menggunakan gula pasir dan gula merah pilihan.

Meski semua produk olahannya tidak menggunakan bahan pengawet namun menurut ibu dari dua anak ini produk nya mampu bertahan hingga 2-3 bulan jika dimasukan ke frezer. Hal itu terbukti ketika pengiriman pesanan ke Jakarta , Bekasi hingga Bali kondisi profuk masih aman terjaga.

Iis Andra memang tergolong memiliki multi talenta. Pasalnya mantan sekretaris di sebuah perusahaan ternama di Jakarta ia tinggalkan kini lebih alih profesi dibidang boga dengan omzet rata rata mencapai kisaran 10-15juta/bulan tentu sebuah angka yang cukup fantastis.

Meski usahanya tergolong sudah berkembang namun dalam aktivitasnya masih dikerjakan secara home industri.
Seperti dijumpai dari bahan.baku mentah hingga packing di kerjakan di lingkungan Argomulyo Blok A /38 Salatiga … Ok. Sukses ya Jeng (NANO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed