by

Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila Untuk Menghadapi Ancaman Perpecahan

-Nasional-243 views

Jakarta, JNcom – Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengatakan, jika melihat kondisi saat ini banyak orang yang tidak tahu, tidak hafal dan tidak mengamalkan Pancasila. Menurutnya, ancaman serius ini perlu segera diatasi karena jika dibiarkan maka bibit-bibit perpecahan akan semakin menganga.

“Oleh karena itu, mari nilai-nilai Pancasila secara bersama-sama kita mengawal, mengamalkan dan membumikan Pancasila dengan penuh tanggungjawab,” ujar Yandri dalam acara webinar nasional yang diselenggarakan oleh Kaukus Muda Indonesia (KMI) bertema “Memperkokoh nilai-nilai Pancasila Ditengah Menguatnya Rivalitas Antarideologi di Tengah Disrupsi”, Jumat (11/6/2021).

Pengamat terorisme, Haris Amir Galah berpendapat bahwa nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila sudah mewakili dan ada dalam ajaran Islam, namun ironisnya terorisme menganggap bahwa Pancasila adalah rival bagi Islam karena Pancasila dinilai merupakan hasil pemikiran manusia yang dapat merusak akidah.

“Rongrongan terhadap Pancasila muncul dari kanan dan kiri. Perlu disadari bahwa kehidupan masyarakat yang pluralisme sudah cukup menaungi dengan keberadaan Pancasila karena bisa menjadi perekat,” jelasnya.

Sementara itu, Intelektual Muda Nahdlatul Ulama, Eksan menegaskan bahwa pertentangan Islam dengan Pancasila sudah berakhir sejak dulu karena tidak ada satupun sila yang bertentangan dengan Islam. Oleh karena itu, dalam pandangan Nahdlatul Ulama, melaksanakan nilai-nilai Pancasila adalah menjadi bagian dari pelaksanaan syariat Islam.

“Perlu disadari bahwa lebih dari 60 persen masyarakat memiliki kebanggaan terhadap Pancasila. Selebihnya, menjadi agenda bersama untuk meluruskan dan mengajak diskusi mereka supaya menjadi bagian yang utuh dari NKRI,” pungkasnya. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed