by

Hari Donor Darah Internasional, Fahira Idris Mulai Roadshow Donor Darah di 44 Kecamatan di DKI

Jakarta, JNcom – Setelah sukses ditingkat kotamadya, Anggota DPD RI Fahira Idris kembali menggelar kegiatan donor darah sebagai rangkaian Hari Donor Darah Internasional sekaligus Roadshow kegiatan Perdana Donor Darah Maraton 44 Kecamatan di DKI Jakarta. Kegiatan donor darah yang berlangsung di Kantor Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta, Bang Japar Komcam Pasar Rebo Jaktim dan FKDM Kecamatan Pasar Rebo Jaktim.

Ketua Umum Ormas Bang Japar, Fahira Idris mengungkapkan, kegiatan donor darah rutin yang dilakukan hingga tingkat Kecamatan adalah untuk membantu pasokan darah di DKI Jakarta selama pandemi Covid-19. Menurutnya, ketersediaan darah harus tetap terjaga karena di Jakarta masih banyak pasien yang membutuhkan tambahan darah rutin salah satunya para pasien talasemia.

“Kegiatan donor darah tingkat Walikota yang telah digelar, antusiasme warga Jakarta yang mendonorkan darahnya sangat baik, maka saya teruskan maraton hingga ke 44 Kecamatan,” ujar Fahira, Minggu (6/6/2021).

Ia menambahkan, banyaknya penyakit lain yang membutuhkan transfusi darah untuk proses pengobatan termasuk korban-korban kecelakaan lalu lintas harus segera ditolong.

“Kesembuhan saudara-saudara kita ini sangat tergantung akan ketersediaan darah. Itulah kenapa, kami akan terus berupaya menggelar kegiatan donor darah secara berkala dan terus berusaha memperluas jangkauan kegiatan ini hingga tingkat ke 44 kecamatan di Jakarta agar lebih banyak nyawa yang bisa terselamatkan. Insha Allah mulai Juni kita tiap bulannya kita akan gelar dua kali donor darah secara maraton di 44 kecamatan yang ada di Jakarta,” ujar Fahira Idris dalam sambutannya.

Hadir juga dalam kegiatan donor darah ini Perwakilan PMI Provinsi Bapak Uceng, Bapak Bayu, Ibu Dokter Vera dan Personil PMI Jakarta Timur. Terlihat lengkap FKDM Kecamatan Pasar Rebo dan Perwakilian FKDM Kelurahan Se-Pasar Rebo Jaktim.

Menurut Fahira Idris, semangat kolaborasi seperti yang selalu dipraktikkan Gubernur DKI Jakarta dalam membangun Jakarta menjadi kunci sehingga kegiatan donor darah ini bisa terus berjalan dengan baik dan menjangkau lebih banyak pendonor.

“Jadi branding Jakarta sebagai kota kolaborasi, bukan sekedar branding atau tagline saja, tetapi sudah dipraktikkan dalam berbagai kegiatan di Jakarta saat ini termasuk kegiatan donor darah kali ini. Di Jakarta saat ini kolaborasi terus menyala dan menjadi praktik nyata termasuk dalam upaya penanggulangan Covid-19 sehingga Jakarta menjadi salah satu daerah terbaik dalam hal penanggulangan Pandemi,” ucap Fahira Idris.

Sementara itu, Pengurus PMI Provinsi DKI Jakarta, Bang Uceng mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan donor darah ini terlebih setelah Ramadhan dan Idul Fitri persediaan stok darah semakin menipis. PMI DKI Jakarta, lanjutnya, akan mendukung penuh kegiatan donor darah maraton di tingkat kecamatan bahkan kedepan tingkat kelurahan.

Senada dengan Uceng, Wakil Camat Pasar Rebo, Santoso mengatakan kegiatan donor darah ini adalah aksi nyata dan kami Pihak Kecamatan Pasar Rebo Jaktim akan mendukung penuh rencana kegiatan donor darah maraton di tingkat kecamatan hingga ke kelurahan di Pasar Rebo.

Sebagai apresiasi bagi para pendonor, Fahira Idris memberi piagam penghargaan ‘Pahlawan Darah Indonesia’ kepada warga yang mendonorkan darahnya. Selain itu para pendonor juga diberikan bingkisan berisi sembako dan starter pack berisi handsanitizer, masker tiga lapis, snack box dan minuman ringan. Kegiatan Donor Darah tingkat Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur juga dimasukan dalam Rangkaian Hari Donor Darah Internasional di Provinsi DKI Jakarta. Bang Japar Komcam Pasar Rebo menerima Piagam Penghargaan dari PMI, karena telah menyelenggarakan Donor Darah Maraton. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed