by

Kapolda Metro Berikan Penghargaan 149 Personil Tenaga Kesehatan TNI/Polri dan Mitra

Jakarta, JNcom – Kapolda Polda Metro Jaya, Fadil Imran memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan TNI/Polri, bagi petugas yang melakukan penyekatan mudik lebaran baik keluar maupun masuk ke Jakarta di tol KM.34. Fadil Imran didampingi pejabat dari Kodam Jaya saat memberikan penghargaan tersebut. Penghargaan dilaksanakan di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya. Turut hadir Pangku Armada 1, Pangdam Jaya diwakili DandimĀ  051, Pangku Up Udara 1, Pasmar 1 dan unsur lainnya, Kamis (3/6/2021).

Pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan ditengah pandemi di negeri ini memberikan dampak yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, menciptakan krisis di bidang kesehatan, serta secara nyata efektivitas kehidupan lainnya dapat mengganggu ekonomi menanggulangi hal tersebut.

Oleh karenanya diperlukan penanganan yang komprehensif dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 dan tentunya dibutuhkan kerjasama sinergitas dan kolaborasi antara seluruh unsur TNI – Polri, pemerintah daerah, tenaga kesehatan serta seluruh elemen masyarakat.

Perlu diketahui, sebelum Hari Raya Idul Fitri pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik. Dalam rangka menjalankan kebijakan tersebut Polda Metro Jaya bersama unsur terkait jajaran TNI melaksanakan di beberapa titik pintu keluar masuk Jakarta namun pada kenyataannya masih banyak saudara-saudara kita yang tidak mengindahkan larangan dan tetap memaksakan diri untuk pulang.

Hal tersebut berpotensi mengakibatkan terjadinya lonjakan, Polda Metro Jaya bersama dengan jajaran TNI dan pemangku kepentingan melaksanakan strategi yang salah satunya melaksanakan filterisasi arus balik dan arus mudik lebaran dengan melaksanakan tes secara random selama 16 hari sebanyak 45.530 orang dimana 164 orang diantaranya menunjukkan hasil yang reaktif. Sehingga dilakukan tindakan evakuasi dengan membawanya ke wisma atlet maupun ke rumah sakit rujukan terdekat untuk dilakukan perawatan sesuai dengan prosedur.

Berkat langkahyang telah kita laksanakan tersebut Alhamdulillah hingga saat ini angka penambahan kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif dapat dikendalikan meskipun sempat mengalami kenaikan. Saat ini sudah menunjukkan adanya perbaikan, hal ini merupakan wujud keberhasilan kita bersama dalam melakukan filterisasi mulai dari testing antigen gratis, pelaksanaan 3T (tracing, testing dan treatment) di basis komunitas secara keseluruhan.

Sampai hari ini kita berhasil menjaring 933 kasus positif Covid-19 pasca arus balik dari titik peningkatan maupun dari basis komunitas. Setidaknya hal ini dapat meminimalisir laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Polda Metro dan sekitarnya.

TNI dan Polri merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang telah dibangun kita berharap kedepan pandemi Covid-19 segera berakhir dan perekonomian nasional menjadi pulih kembali.

Para tenaga kesehatan dan anda semua adalah pahlawan kemanusiaan, terima kasih dan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya atas perjuangan kerja keras dan dedikasi yang telah saudara-saudara curahkan dengan penuh keikhlasan dalam pelaksanaan operasi kemanusiaan.

Pada kesempatan yang baik ini kami memberikan penghargaan kepada 149 personil tenaga kesehatan yang terdiri dari 88 personil Polda Metro Jaya personil dari kesatuan TNI serta 11 orang mitra tenaga.

Saya bisa merasakan kondisi fisik dan persebaran tenaga kesehatan menghadapi saudara-saudara kita yang mudik dengan dengan berbagai perilaku dan tindakan namun Kapolri memberikan pesan kepada saya ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan dan seluruh anggota atas kesabaran dan keikhlasan yang telah saudara tunjukkan ke depan kita akan dihadapkan pada tugas untuk mensukseskan pencegahan penyebaran virus Covid-19.(Gufron).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed