by

Srikandi TP. Sriwijaya Gelar Halal Bihalal Virtual Idul Fitri 1442 H

Jakarta, JNcom- Dalam rangka gelar acara merayakan Idul Fitri 1442 H kegiatan Halal Bhalal Idul Fitri 1442H di tengah situasi pandemic Covid19 yang masih melanda dunia, maka Srikandi TP. Sriwijaya melaksanakan Halal Bihalal melalui Virtual Meeting. Memang acara ini sudah menjadi tradisi di kalangan umat muslim usai melaksanakan puasa sebulan penuh, maka dengan datangnya Idul Fitri dimaknai dengan suka cita untuk saling memaafkan dan bersilaturrahiim.

Namun pada situasi yang masih pandemic ini, Srikandi TP. Sriwijaya pun tidak mau kehilangan momen penting ini, bagaimana memanfaatkan tehnologi informasi agar tetap dapat melaksanakan silaturrahiim,  juga pembahasan rencana pelantikan Calon Pengurus Pusat Srikandi TP. Sriwijaya.

Acara halal bihalal virtual ini dibuka oleh pada kesempatan ini, Ketua Umum TP Sriwijaya Bapak Dr. H. Sudirman D Hury SH. MM. M.Sc. yang dalam sambutannya antara lain mengatakan, menyampaikan rasa  syukur kita panjatkan ke hadirat Allahurabb Yang Maha Esa, karena atas berkat hidayah serta ridhoNya dan nikmat sehat serta kecerdasan yang dianugerahkan kepada kita sekalian, sehingga dalam kesempatan yang mulia ini, kita dapat melaksanakan kegiatan Halal Bihalal dan rangkaian acara lainnya secara virtual, Sabtu (22/5/2021).

“Kita tetap, Saya sangat bersyukur, bahwa sumber daya manusia yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan Srikandi TP Sriwijaya ini memiliki pemahaman dan pengetahuan yang luar biasa sehingga dapat terlaksananya kegiatan maha penting ini,” ucap Dr. H. Sudirman D Hury.

Lebih jauh Ketum TP Sriwijaya Dr. H. Sudirman D Hury SH. MM. M.Sc. mengatakan, Berulang kali kata silah (sambung menyambung) dan Ar Rahim (kasih sayang) terulang dalam Al-Qur’an untuk mengingatkan kita semua bahwa menyambung kasih sayang terhadap saudara, keluarga jauh, teman dan kerabat sangatlah penting, bukan hanya semata-mata ingin memperbanyak kawan namun menyambung ikatan batin ini adalah pesan sosial yang langsung disebut dan diperintahkan dalam Al-Qur’an.

Silaturrahiim melalui media sosial menjadi pilihan terbaik di masa pandemi ini.

Adapun bentuk lainnya tentu kita masih bisa memberikan hadiah terbaik berupa do’a agar saudara, kerabat, teman sejawat, dll yang jauh selalu dalam kondisi sehat lahir batin serta dalam lindungan Allah SWT.

Dalam hubungan sosial kemanusiaan memang terkadang tidak selalu baik, akan selalu ada masalah dan kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Namun, satu hal yang harus kita yakini; sikap belas kasih, lemah lembut dan memaafkan jauh lebih mulia dan dianjurkan Allah maupun Rasulullah agar tidak hanya kita kelak akan menjadi hamba-Nya yang senantiasa diganjar pahala surga, namun juga ganjaran yang jauh lebih mulia.

Ada beberapa hikmah silaturrahiim yang harus kita pahami antara lain untuk merekatkan tali Persaudaraan, memperbanyak rezeki, menambah empati dan menjauhi sikap egois, menambah kekuatan dan kesatuan Islam, serta memperluas persaudaraan.

Kita harus tetap membangun silaturrahiim kendatipun dari rumah masing-masing, namun jangan pula membuat kita terkurung, tetap lah berupaya menyapa kawan, saudara, maupun kerabat yang jauh meski hanya sekedar mengucapkan salam dalam media sosial, sukur-sukur jika kita berkenan menyisihkan rejeki kita untuk saling berbagi seperti halnya yang pernah dilakukan oleh para pengurus Srikandi TP Sriwijaya di bulan Ramadhan yang lalu, yang telah berbagi kepada yatim piatu dan kaum dhu’afa di beberapa Yayasan di Jakarta dan sekitarnya.

Tujuan kita yang.paling utama adalah untuk perempuan anak Sumbagsel kedepannya makin kuat.

Bagaimana melakukan sinergitas dan kolaborasi untuk hadirnya paguyuban ditengah masyarakat Sumbagsel sendiri. Justru persatuan dan kesatuan ini yang harus kita bangun dan padukan dengan Pemerintah Daerah.

Kedepan saya berharap, agar Srikandi Sriwijaya segera menyiapkan segala sesuatu untuk pelantikan Pengurus Pusat Srikandi Sriwijaya Periode tahun 2021 sd 2026 selesaikan urus pengurusannya periode ini, segera dibukukan dan dilantik agar segera dapat pengesahan dari Kemenkum HAM Dirjen Administrasi Umum agar mendapatkan legalitas sebagai paguyuban.untuk pengesahan pengurus.

Setelah kita kukuhkan berita acara AD/ ART dituntaskan, segera dibuatkan Akta nya dan di daftarkan di Dirjen Administrsi Umum  Kemenkum HAM agar ada legalitas dari paguyuban Srikandi TP Sriwijaya ini.

Mudahan-mudahan Ini menjadi sejarah yang akan diitoreh oleh pengurusan Srikandi TP Sriwijaya untuk kali pertama mulai berjalan.

Harapan saya agar Srikandi TP Sriwijaya menjadi Srikandi yang unggul, yang hadir ditengah-tengah masyarakat Sumbagsel khususnya dan nasional umumnya. Saya yakin betul dengan SDM yang tergabung di Srikandi TP Sriwijaya sekarang ini yang bisa memadukan program dan kegiatannya dengan program Pemerintah Daerah.

Jadi di tangan ibu-ibu hebat ini lah nantinya bagaimana Srikandi eksis tidak hanya di lingkup domestik Sumbagsel tetapi juga akan melanglang ke tingkat nasional, bahkan internasional tentunya.

Kita bisa kembangkan dan tampilkan seni tari, budaya, pakaian, lagu nasional Sumbagsel bisa tampil di acara internasional menjadi duta. Srikandi TP Sriwijaya melakukan kunjungan ke luar negeri dan akan tampil untuk promo seni tari, budaya, pakaian dan lagu nasional di kancah internasional.

Kita doakan dibawah kepemimpinan Ibu Nyimas Aliah,  Srikandi mampu mewujudkan harapan tersebut. yang hebat semua dengan dibuat program jangka menengah untuk mempromosikan di kancah internasional.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Pengurus Pusat Srikandi TP. Sriwijaya Nyimas Aliah SE. M. Ikom dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi sambutan dan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua Umum TP. Sriwijaya Bapak Dr. H. Sudirman D’Hury dari Ketum TP Sriwijaya dalam rangka sillaturrahiim yang sekaligus menguatkan organisasi kita yang baru berjalan ini, dan berharap agar Srikandi sebagai organisasi sayap dari TP. Sriwijaya untuk terus bersinergi, saling menguatkan dan membesarkan, agar organisasi ini nanti benar-benar menjadi rumah besar bagi masyarakat Sumatera bagian Selatan, yang meliputi lima Provinsi, yaitu Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Tentunya kita selalu bersinergi dalam kegiatan apapun kita libatkan Srikandi TP Sriwijaya sama-sama saling membesarkan dan memajukannya.

Selesai acara halal bihalal dilanjutkan dengan rapat persiapan pengukuhan pengurus dan Rapat Kerja Nasional Srikandi TP. Sriwijaya Tahun 2021. (Gufron/JNcom/Mei2021)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed