by

STB Gelar Buka Puasa Bersama Dan Bazzar di Akhir Ramadhan 1442 H

Jakarta, JNcom – Program Pertemuan rutin bulanan antara pengurus dan sekitar 100 anggota yang tergabung dalam wadah organisasi masyarakat (Ormas) dengan nama  Sulawesi Tengah Bersatu (STB) yang merupakan sayap dari IKST (Ikatan Keluarga Sulawesi Tengah) ini.

Yang salah satu programnya adalah mengadakan pengocokan arisan bulanan sebagai bentuk ajang silaturahmi keluarga besar masyarakat Sulawesi Tengah di perantauan khususnya di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Pada kesempatan kali ini program pertemuan rutin bulanan Sulawesi Tengah Bersatu (STB) dengan mengadakan Berbuka Puasa bersama dan Bazzar Ramadhan, bertemakan” Berbagi Kebahagian Hadirkan Senyum untuk Sahabat,” bertempat di Anjungan Sulawesi Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, sabtu (08/05/2021).
Yang bertepatan beberapa hari lagi menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan I442 Hijriah ini, yang dimeriahkan dengan penampilan dua artis penyanyi top Ibukota Jakarta diantaranya : Fani Feronika dan Lia Shellya yang merupakan artis penyayi dan pencipta lagu dengan Hit terpopulernya berjudul Cintailah Aku dan Tinggalkan Luka.

Dalam kesempatan itu Ketua Sulawesi Tengah Bersatu (STB), Emy Damayanti didampingi Ifat Bachmid sebagai salah satu pengurus STB bidang ekonomi kreatif menjeleskan, bahwa di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah ini, merupakan momen bagus untuk pertama kalinya antara pengurus dan anggota ormas  STB (Sulawesi Tengah Bersatu) mengadakan pertemuan rutin bulanan untuk menjalin tali silaturahmi.

Lanjutnya ormas STB ini adalah merupakan sayap dari IKST (Ikatan Keluarga Sulawesi Tengah) yang pada tahun-tahun lalu memang sering mengadakan pertemuan silaturahmi namun mereka saat ini sibuk masing-masing, kemungkinan adanya satu dan lain hal, sehingga tidak berjalannya program-program kerja IKST tersebut.

Lanjut Emy Damayanti sehingga mereka para anggota banyak  yang menanyakan kepada dirinya, seperti halnya mereka berkata, “bagaimana nih kita kok orang Sulawesi Tengah tidak ada pertemuan -pertemuan rutinitas lagi, maka dari banyaknya pernyataan para anggotanya tersebut, timbul inisiatif dirinya untuk membentuk ormas STB ini.

“Nah program kerja ormas STB inilah yang sekarang sedang berjalan dan juga sudah kami laksanakan pada bulan-bulan yang lalu kegiatan memperkenalan seni budaya Sulawesi Tengah hingga tiap bulannya diadakan pertemuan rutin pengocokkan arisan,” ujar Ketua STB, Emy Damayanti yang menyampaikan pernyataan para anggotanya kepada sejumlah media termasuk JURNALNUSANTARA.COM, di Anjungan Sulawesi Tengah, TMII Jakarta, Sabtu (08/05/2021).

Menurut Emy Damayanti di momen-momen pertemuan  arisan inilah apabila ada kegiatan acara seperti ada acara kebudayaan, adanya hari ulang tahun Sulawesi Tengah maupun ulang tahun kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus, dan acara-acara penting nasional lainnya itu semuanya sudah kami program di STB.

Emy Damayanti mengutarakan bahwa sebelumnya juga pada bulan April 2021 baru-baru ini, yang tadinya kita akan melaksanakan kegiatan hari Kartini namun sudah memasuki bulan puasa sehingga pada awal-awal puasa kami mengadakan sambut menjelang bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

“Kami juga kebetulan punya single STB Voice yang lounchingnya bertepatan awal bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah kemaren,”ucap Ketua STB, Emy Damayanti.

Selain itu kata Emy Damayanti memasuki tahun kedua yang sudah kami buat  suatu perkumpulan atau organisasi masyarakat (Ormas) yang kami berinama STB ( Sulawesi Tengah Bersatu) ini, adalah bertujuan agar masyarakat Sulawesi Tengah yang ada di Ibukota Jakarta bisa bersatu dan bersama-sama  seperti paguyuban-paguyuban daerah lainnya di Indonesia.

“Sehingga masyarakat di seluruh Indonesia mengetahui keberadaan organisasi STB ( Sulawesi Tengah Bersatu) yang merupakan sayap dari IKST (Ikatan Keluarga Sulawesi Tengah) dan kami bisa membuktikan bahwa masyarakat Sulawesi Tengah walaupun di rantau tetap menjalin hubungan persudaraan ,” ujar Ketua STB,  Emy Damayanti.

Dikatakan Emy Damayanti berharap Semoga STB ini lebih maju, lebih layak, dan kami mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tengah yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya yang mungkin belum pada tahu STB, ayo dong gabung disini, kita mengajak apapun itu profesinya dan juga siapapun orangnya.
Kemudian Emy Damayanti selaku Ketua STB  mohon dan meminta kepada  Pemerintah  khususnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar mendukung Program kerja kami yang tergabung di ormas STB ini, karena kami yang berdomusili di tanah rantau ini sangat mencintai daerah kita disana Sulawesi Tengah,

“Seperti kata pepatah, walaupun jauh di mata namun tetap dekat di hati, kami disini di rantau sangat rindu, marilah orang-orang yang ada di Sulawesi Tengah juga ikut bergabung bersama kami mendukung adanya kegiatan dalam wadah ormas STB,” imbuhnya.

Sementara itu Ifat Bachmid sebagai salah satu pengurus STB di bidang ekonomi kreatif  mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah dengan adanya pertemuan rutin bulanan ini, sebeb walaupun adanya larangan Mudik Lebaran, tentu masih ada hikmahnya.

“Karena orang yang tadinya tidak tahu, eh tiba- tiba ada orang yang baru lagi yang saya kenal,” ungkapnya.

Lanjut Ifat  apa yang telah disampiakan oleh Ketua STB, ibu Emy Damayanti tersebut bahwa semua itu pasti ada hikmah di balik peraturan pemerintah ini, karena berdampak positif stand bazar kuliner dan busana yang kami dagangkan diacara STB ini, Alhamdulillah laku semuanya, karena  mereka para anggota sebanyak 100 orang lebih datang menghadiri kegiatan STB ini,

“Ketika saya tanya tau dari mana pak..?, ternyata mereka menjawab tau dari berita-berita media online salah satunya berita di media OPININEWS.ID, selain itu juga dari facebook, karena memang berita -berita.di media online acara kegiatan STB ini, selalu saya share di medsos juga,”tandasnya.(handoko)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed