by

HUT Ke-2, Sabar Ompu Sunggu: Komunitas Kampung Durian Prioritaskan Pendidikan dan Kesehatan

-Nusantara-186 views

Jakarta, JNcom – Dalam rangka kegiatan ibadah dan menyambut hari ulang tahun ke-2, Komunitas Kampung Durian (KKD) kembali menggelar pertemuan antar warga perantau yang berasal dari Kampung Durian Sei Belutu Sumatera Utara yang berdomisili di Jabodetabek, Sabtu (17/4/2021) di Naga Lapo, Jakarta Pusat.

Ketua KKD, Asman Sitorus menjelaskan, Kampung Durian dahulunya adalah hutan belantara yang dikuasai oleh Belanda dan memiliki banyak pohon durian sebagai ciri khasnya. Masing-masing warga kemudian menjadikan hak milik dan memanfaatkan tanah tersebut dengan pertanian hingga menjadi terbesar di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut. Komunitas Kampung Durian kini telah beranggotakan sebanyak 200 kepala keluarga dan akan terus bertambah. Ke depan rencananya akan dibentuk sebuah koperasi sebagai wadah usaha bersama dan penyelenggaraan beberapa kegiatan penggalangan dana untuk membantu masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Penasehat sekaligus pencetus Komunitas Kampung Durian, Sabar Ompu Sunggu, SH, MH kepada wartawan mengatakan, di usia 2 tahun ini, KKD dengan program prioritas dibidang pendidikan dan kesehatan telah berupaya merealisasikannya dengan mengunjungi dan memberikan bantuan kepada sesama anggota KKD yang sedang sakit maupun yang meninggal sesuai hak dan kewajiban yang diatur dalam anggaran dasar. Selain itu, KKD juga membantu anggota yang sedang mengalami kendala dalam biaya pendidikan.

“Kami di KKD saling mengunjungi baik suka maupun duka. Meskipun kondisi sedang dilanda Covid-19, kami peduli dan menjaga kebersamaan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan secara ketat,” ujar Sabar Ompu Sunggu yang juga sebagai Ketua Peradi Jakarta Utara.

Khusus kepada anggota KKD yang sedang terkena Covid-19, tambah Sabar, KKD selalu memberikan bantuan pengobatan dan spirit moral sesuai dengan program yang dimiliki KKD ke depan yaitu memprioritaskan pendidikan dan kesehatan.

Mengingat pentingnya keberadaan KKD ini, Sabar Ompu Sunggu menghimbau kepada warga perantau yang berasal dari Kampung Durian Sei Belutu Sumatera Utara yang berdomisili di Jabodetabek, untuk segera bergabung dengan komunitas kampung durian.

“Saya berharap komunitas Kampung Durian ini bisa menjadi organisasi yang besar dan menjadi mitra bagi pemerintah,” pungkasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed