by

TP3 Audensi Dengan DPR Soal Kasus FPI, Ini Penjelasannya

-Nasional-128 views

Jakarta, JNcom – Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan Enam Laskar FPI (TP3) menggelar audiensi dengan Fraksi PPP DPR pada 13 April 2021 di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta. TP3 diterima oleh Anggota DPR FPPP, Arsul Sani, yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI. Sedangkan delegasi TP3 dipimpin Abdullah Hehamahua yang datang bersama Marwan Batubara, Chusnul Mar’iyah, Wirawan Adnan, Syamsul Balda, Mursalin, Neno Warisman, Edy Mulyadi dan Ibrahim Aji.

Dalam audiensinya, TP3 menilai bahwa laporan Komnas HAM yang diberi judul “Laporan Penyelidikan” atas kasus pembunuhan enam laskar FPI bukanlah merupakan laporan penyelidikan, namun hanyalah laporan pemantaun. Oleh karena itu, TP3 meminta kepada Pemerintah dan DPR untuk mendorong Komnas HAM melakukan penyelidikan kasus FPI sesuai UU No.26/2000 dan meminta Komnas HAM untuk menggunakan wewenangnya dengan melakukan penyelidikan sesuai dengan Pasal 18 UU No.26/2000 dan membentuk tim adhoc dengan melibatkan unsur masyarakat (Pasal 18 ayat 2).

“Kami meminta DPR mengusung Hak Angket terhadap Pemerintah, terutama agar Komnas melakukan penyelidikan atas pelanggaran HAM berat atas pembunuhan enam laskar FPI,” ujar Marwan Batubara.

Sementara itu, Arsul Sani menyampaikan akan berupaya maksimal, sesuai metode dan pendekatan yang akan ditempuh Fraksi PPP, agar kasus tersebut dapat dituntaskan secara transparan dan berkeadilan sesuai hukum berlaku. (Barley)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed