by

Atasi Covid-19 dan Jaga Kamtibmas, Ini yang Dilakukan Polsek Karawaci

-Nusantara-123 views

Tangerang, JNcom – Kampung Tangguh Jaya merupakan program kepolisian bersama TNI dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Hingga sekarang sudah berdiri 200 Kampung Tangguh Jaya yang tersebar di wilayah Tangerang. Hal tersebut dikatakan Kompol Bagin Barus,SIK SH Kapolsek Karawaci kepada awak media, Minggu (11/4/2021) di Icon Walk Mall, Cimone, Tangerang.

Dijelaskan Kapolsek bahwa ada Lima pilar Kampung Tangguh yakni Tangguh Keamanan, Tangguh Kesehatan, Tangguh Edukasi, Tangguh Sosial Ekonomi dan Tangguh Informasi yang diwujudkan melalui penyediaan ruang isolasi untuk penderita Covid-19, posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan yang dapat dimanfaatkan secara bersama. Dalam rangka implementasi penerapan PPKM Mikro dan penekanan angka penyebaran COVID-19 di lingkungan rumah warga, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang beserta unsur TNI dan Polri bersinergi dalam pembentukan Kampung Tangguh Jaya Siaga Corona (KTJ-SIGACOR) diseluruh kelurahan di Kota Tangerang.

“Saya menghimbau agar masyarakat selalu memperhatikan protokol kesehatan guna bisa memutus mata rantai Covid-19. Tingkat penyebaran Covid-19 pada lingkungan terkecil yaitu klaster keluarga masih menjadi peringkat paling tinggi yakni sebanyak 35 persen. Untuk itu kami yakin bahwa pembentukan KTJ-SIGACOR bisa menjadi garda terdepan penekanan angka COVID-19 di lingkungan warga,” ujarnya.

Kapolsek karawaci menyebut dengan dibentuknya KTJ-SIGACOR, secara komprehensif terbukti ampuh dalam menekan penyebaran Covid-19 di permukiman warga. Program Kampung Tangguh Polsek Karawaci efektif menurunkan pandemi covid 19. Dari 16 kelurahan di Karawaci, bulan ini 3 kelurahan masuk zona kuning dan tidak ada lagi yang masuk zona merah.

“Efektivitas Kampung Tangguh Jaya sangat berpengaruh turunkan penyebaran covid 19 dan dapat meminimalisir. Karena kita gunakan metode tracing, testing dan treatment. Meskipun sudah berjalan program vaksinasi, saya imbau untuk tetap ikuti Prokes Covid 19 sesuai aturan pemerintah,” imbuhnya.

Siaga Kamtibmas
Dalam rangka giat keamanan di wilayah Karawaci, Kapolsek menegaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan pengamanan. Menurutnya, masalah radikalisme dan terorisme saat ini memang sudah marak terjadi dimana-mana. Ada beberapa cara untuk menangkal pengaruh terorisme.

Pertama, memperkenalkan Ilmu Pengetahuan Dengan Baik dan Benar. Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah paham radikalisme dan tindak terorisme ialah memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar kepada generasi muda sehingga tidak mudah terpengaruh akan hal-hal mengenai terorisme.

Kedua, Meminimalisir Kesenjangan Sosial. Kesenjangan sosial yang terjadi juga dapat memicu munculnya pemahaman radikalisme dan tindakan terorisme. Sedemikian sehingga agar kedua hal tersebut tidak terjadi, maka kesenjangan sosial haruslah diminimalisir.

Ketiga, Menjaga Persatuan Dan Kesatuan. Menjaga persatuan dan kesatuan juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah pemahaman radikalisme dan tindakan terorisme di kalangan masyarakat, terlebih di tingkat Negara. Meskipun banyak perbedaan diantara kita semua tetapi kita tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan agar terhindar dari hasut-hasutan yang buruk.

Keempat, Mendukung Aksi Perdamaian. Aksi perdamaian mungkin secara khusus dilakukan untuk mencegah tindakan terorisme agar tidak terjadi. Kalau pun sudah terjadi, maka aksi ini dilakukan sebagai usaha agar tindakan tersebut tidak semakin meluas dan dapat dihentikan.

Oleh karena itu, pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara amat penting sehingga bisa menagkal paham ideologi komunis ideologi teroris yaitu cara jihad yang salah dan paham dokrin dokrin radikal teroris yang mengimpang dari norma-norma Agama yang dianut. (Barley)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed