by

Pasca Keputusan Kemenkumham, Pengamat: AHY Harus Melakukan Ini

-Nasional-220 views

Jakarta, JNcom – Ketua Bidang Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat (PD) Herzaky Mahendra Putra mengapresiasi kepada pemerintah khususnya Kemenkumham yang telah bekerja adil dalam memutuskan konflik di internal partai Demokrat.

“Kami mengapresiasi pemerintah dan juga berterimakasih kepada masyarakat.Ini bukan hasil kerja Demokrat tetapi merupakan hasil kerja semua,” ujar Herzaky, dalam diskusi virtual Political and Public Policy Studies, Minggu (4/5/2021).

Dengan adanya KLB ilegal, kata Herzaky, menjadi pelajaran bagi Demokrat bahwa ada ancaman besar bagi demokrasi. Ia mempertegas bahwa kepengurusan AHY telah disahkan oleh SK Kemenkumham dan perubahannya telah sesuai pasal 2. Menjadi pertanyaan besar ketika kami disebut melanggar UU parpol

“Mereka menuntut kami berdasarkan legal standing apa?. Jadi menurut kami keputusan kemarin sangat melegakanni bukan akhir perjuangan kami, tetapi kami harus fokus lagi membantu masyarakat,” ungkapnya.

Pengamat Politik, Wempi Hadir menilai keputusan yang dikeluarkan Kemenkumham merupakan sinyal baik bagi parpol karena telah memberikan keputusan objektif. Kasus ini, kata Wempi, sebenarnya ada dampak positifnya yaitu elektabilitas Demokrat semakin meningkat. Dampak elektoral pun muncul bagi kader Demokrat dari apa yang mereka peroleh saat ini.

“Saya kira kubu Moeldoko tidak memiliki kekuatan cukup dalam legitimasi. Posisi menguntungkan bagi dan masyarakat, namun Demokrat pun tidak boleh lengah terhadap keputusan ini karena kita tidak tahu ke depan seperti apa karena magnet Demokrat saya kira menjadi daya tarik untuk diambil alih,” jelasnya.

Partai Demokrat, tambah Wempi, harus segera melakukan konsolidasi dan lebih persuasif kepada kader yang berpotensi melakukan pergerakan dengan melakukan pendekatan secara kultural sehingga kekuatan kubu Moeldoko bisa berkurang.

“Langkah terakhir adalah konsolidasi Nasional agar tidak ada kekuatan lagi yang mengganggu. AHY mestinya bersyukur kepada Demorat karena masih diberikan ruang. Menurut saya kejadian ini merupakan pelajaran penting bagi AHY dan ke depan akan lebih matang dalam mengatasi konflik,” pungkasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed