by

Kepala DMC, Haryo: DMC Siap Kolaborasi Hadapi Bencana

-Nusantara-606 views

Tangsel, JNcom – Haryo Mojopahit resmi menjabat sebagai Kepala Disaster Management Center (DMC), yaitu Lembaga Semi Otonom Dompet Dhuafa yang berperan sebagai garda terdepan dalam pengelolaan bencana, baik di dalam maupun luar negeri.

“DMC memiliki dua prioritas program yaitu pertama respon bencana. Ketika ada bencana terjadi, kita harus segera bergerak ke tempat bencana itu terjadi untuk menyelamatkan jiwa atau ada yang terjebak. Kedua, yaitu pengurangan resiko bencana (PRB) dengan harapan ketika bencana itu datang masyarakat sudah siap,” ujar Haryo saat ditemui usai serah terima jabatan Ketua DMC, Senin (22/3/2021) di kantor DMC, Tangerang Selatan.

Dikatakan Haryo bahwa program upaya pengurangan risiko bencana misalnya bersih-bersih, training-training terkait aman bencana terus digalakkan agar ketika bencana datang masyarakat sudah siap siaga.

Diakui Haryo bahwa DMC dalam menjalankan program selama ini kesulitan yang dihadapi memang masalah koordinasi karena dengan koordinasi tersebut bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dan menentukan pembagian tugas wilayah.

“Kita berharap DMC bisa berkolaborasi baik dengan pemerintah kota, pemerintah provinsi Banten, relawan maupun insan pers sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi. Kita berharap dengan berkoordinasi bisa jelas tugasnya dan bisa membantu pemerintah,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed