October 25, 2024

Jakarta, JNcom – Ribuan warga KKSS se Jabodetabek melakukan buka puasa bersama dengan Ketua Dewan Kehormatan KKSS Jusuf Kalla dan Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna guna perkuat silahturahmi. Hal ini merupakan tradisi yang sudah berjalan sejak lama.

Dalam acara tersebut selain buka puasa dilanjutkan sholat magrib dan tausiah oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sebelum tarawih berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut pengurus KKSS mendampingi sahibul bait yang diwakili Jusuf Kalla mengawali memberikan santunan kepada ratusan anak yatim yang hadir.

Tampak hadir selain Dewan Kehormatan Jusuf Kalla juga ada Aksa Mahmud, Andi Amran Sulaiman, Abdul Rivai, Asmawi Syam, Muchlis Patahna, Ali Duppa, Andi Sumange Hb Rukka, Erwin Aksa, Fankar Umran, Andi Idanursanti, dan Budi Hartawinata.

Menurut M Ali Duppa terdapat 150 anak yatim yang diberikan santunan yang ada diwilayah Jabodetabek.

“Saya ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak dan memohon maaf atas segala kekurangan yang ada,” ujar M Ali Duppa selaku panitia kepada sejumlah media termasuk JURNALNUSANTARA.COM, di Jakarta, Sabtu (23/03/2024).

Seperti diketahui acara yang bertajuk KKSS Bersatu Menjalin Silaturrahim ini adalah tradisi agama tahunan yang diselenggarakan sejak keberadaan KKSS pada 1976.

Sementara itu Muchlis Patahna mengajak warga KKSS untuk selalu dalam kebersamaan.

“Senantiasa menjaga kekompakan, kosolidan dan persatuan,” terangnya.

Ditempat yang sama Ustadz Muhammad Zain, yang juga merupakan Penjabat Bupati Mamasa, Sulawesi Barat, dalam ceramahnya menyinggung makna sejati agama, yaitu silaturrahim menjadi inti yang penting. Zain mengutip Syekh Yusuf Al Makassar yang menggarisbawahi bahwa hubungan yang baik dengan sesama manusia adalah esensi dari kesempurnaan agama.

“Inti agama adalah makrifatullah Rahman Rahim, di mana silaturahim menjadi landasan utama,” urainya.

Masih menurut Ustadz Zain pentingnya kehangatan dalam berkomunikasi sebagai bagian dari silaturahim.

“Silahturahmi dapat memperpanjang umur, sebagaimana hadits Rasulullah SAW,” tandasnya. (s handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *