May 21, 2024

Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) menggelar acara perayaan HUT Ke-19 dan Halal Bihalal.

Jakarta, JNcom – Dalam perayaan ulang tahun ke-19 PaSKI yang dipenuhi keceriaan, tidaklah aneh untuk merenungkan beberapa kegelisahan yang mungkin juga menghiasi perjalanannya.

Momen ini sebagai titik tolak untuk menguatkan diri dan bersama-sama menghadapi tantangan dengan semangat dan keberanian yang tak kenal lelah. Dengan solidaritas dan tekad, kita pasti bisa mengatasi segala rintangan yang muncul di depan.

Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) menggelar acara perayaan HUT Ke-19 dan Halal Bihalal.

Acara bernuansa komedi yang dipandu oleh Trio Mc, Cablak, Kimau Gerbang, dan Radha pasti akan menjadi pengalaman yang menghibur.

Dengan gabungan pertunjukkan grup lawak, musik komedi, tari komedi, dan penampilan spesial dari Komedi Band, di lokasi yang nyaman pastinya menjadi malam yang penuh tawa dan kesenangan.

Organisasi profesi pelawak yang didirikan pada 21 April 2005 lalu ini bermula dari inisiatif pelawak senior Deddy “Miing” Gumelar, Indro Warkop, dan Toto Muryadi Tarzan. Mereka memulainya 19 tahun yang lalu di Kantor Bagito.

Sejak itulah, organisasi ini telah menjadi rumah bagi para pelawak untuk berkumpul, berkolaborasi, dan mengembangkan bakat mereka di dunia komedi.

Dalam moment Halal Bihalal ini, Pengurus Pusat PaSKI mengadakan perayaan hari jadinya sebagai kesempatan untuk bertemu, merayakan, dan mempererat silaturahmi antara para komedian.

Ini merupakan momen yang tepat untuk saling mengingat kenangan, berbagi cerita, dan memperkuat ikatan persahabatan di antara anggota PaSKI. Semoga acaranya sukses dan meninggalkan kesan yang berharga bagi semua yang hadir.

Perayaan ulang tahun PaSKI yang meriah ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebagai ungkapan cinta dan kesetiaan kepada negara. Kemudian, dibuka dengan penampilan Video Profil PaSKI yang menggambarkan perjalanan dan pencapaian organisasi selama ini.

Acara dilanjutkan dengan keseruan musik komedi Cablak Gambang dan Tari komedi Lipet Gandes, yang akan disajikan dengan penuh semangat oleh Sabar Bokir dan rekan-rekannya. Suasana pasti akan sangat meriah dan penuh tawa.

Setelah penampilan yang menghibur dari Lipet Gandes, acara dilanjutkan dengan sambutan resmi dari Ketua Umum dan Pembina PaSKI, yang akan memberikan inspirasi dan arahan untuk masa depan organisasi.

Setelah itu, akan dilakukan pembacaan doa sebagai ungkapan syukur atas segala berkah yang diterima, diikuti oleh pemotongan tumpeng sebagai simbol kesuksesan dan keberkahan.

Acara ini semakin meriah dengan penampilan dari Grup Komedi 4 Sekawan, yang pasti akan memberikan hiburan yang luar biasa. Tak hanya itu, akan ada juga musik komedi dan lawakan dari Mudy Taylor, Tatok Koplak, dan Isa Marshanda, yang akan membuat suasana semakin riuh dan ceria.

Acara ditutup dengan pengundian doorprize yang selalu dinantikan, diikuti dengan penampilan spesial dari Komedi Band untuk mengakhiri perayaan dengan semangat tinggi.

Di sela suasana riang perayaan ulang tahun PaSKI, sebagai induk Organisasi Pelawak Indonesia, PaSKI melakukan pembacaan do’a sebagai ungkapan syukur dan penghormatan kepada para pelawak yang sudah berpulang.

Di saat yang sama, juga terungkap kegelisahan PaSKI yang diwakili oleh Kang Maman, mengenai kondisi grup lawak yang semakin langka dan lambat dalam regenerasinya.

Semoga perayaan ini juga menjadi panggilan untuk terus berupaya memperkuat dan memperbaharui semangat serta dedikasi dalam melestarikan seni komedi di Indonesia.

Ketua Umum PaSKI, Jarwo Kwat, dengan tegas mengakui kegelisahan yang dirasakan oleh PaSKI terkait fenomena penurunan regenerasi dan kelangkaan grup lawak. Bertempat di Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2024).

Dia menyatakan bahwa PaSKI turut merasa bertanggung jawab atas kondisi ini dan siap untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam menghadapinya.

Ini adalah langkah positif yang menunjukkan komitmen PaSKI untuk terus berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkan seni komedi di Indonesia.

“PaSKI merasa punya tanggung jawab untuk melahirkan pelawak-pelawak dan atau grup-grup lawak baru. Dan, kita sudah memiliki beberapa program PaSKI untuk menjawab tantangan ini,” ujarnya.

Pernyataan ini menunjukkan komitmen PaSKI dalam menjaga keberlangsungan seni komedi di Indonesia dengan menciptakan program-program yang mendukung pembibitan dan pengembangan bakat-bakat baru dalam dunia hiburan komedi.

Semoga program-program ini mampu memberikan kontribusi positif dalam memperkaya dan menghidupkan kembali industri komedi di tanah air.

Acara yang digelar setiap tahun ini akan dihadiri oleh para pelawak papan atas yang selama ini telah memberikan dukungan kepada PaSKI, seperti Jarwo Kwat, Indro Warkop, Deddy “Miing” Gumelar, Tarzan Srimulat, Eko Patrio, Parto, Sule, Abdel Achrian, Temon Templar, Denny Chandra, Denny Cagur, Nardji, Beddu, dan ratusan anggota PaSKI dari berbagai daerah.

Kehadirannya akan semakin memeriahkan acara dan menunjukkan solidaritas dalam menjaga dan mengembangkan dunia komedi di Indonesia.

Ketua Pelaksana HUT PaSKI Ke-19, M. Nabil Ibenk, menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan dari PaSKI untuk PaSKI, sebagai wujud solidaritas dan dukungan internal bagi organisasi.

Acara HUT PaSKI tahun ini diselenggarakan dengan acara Halal Bihalal sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota.

Kedua acara ini menunjukkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan dalam menjaga serta mengembangkan PaSKI sebagai wadah bagi para pelawak Indonesia.

Ketua Pelaksana HUT PaSKI Ke-19, M. Nabil Ibenk menjelaskan acara PaSKI ini diselenggarakan dari PaSKI untuk PaSKI. Acara HUT PaSKI tahun ini sengaja dibarengi Acara Halal Bihalal untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota .

Jarwo Kuat menambahkan Jarwo Kuat menambahkan bahwa acara PaSKI ini digelar sebagai ajang komunikasi antara Pengurus PaSKI dengan Para Pembina, Penasihat PaSKI, serta seluruh anggota PaSKI.

“Ini adalah kesempatan yang berharga untuk saling berinteraksi, bertukar pikiran, dan memperkuat hubungan antar semua pihak yang terlibat dalam organisasi,” ucap Jarwo Kwat.

“Dengan demikian, diharapkan dapat terwujud sinergi yang lebih kuat dan efektif dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan PaSKI ke depannya,” tandasnya

Himgga sampai saat ini, PaSKI tetap solid dan independen sesuai dengan arahan dari para Pembina PaSKI, yaitu Bapak Agum Gumelar, Bapak Erman Suparno, Indro Warkop, Deddy “Miing” Gumelar, dan TM Tarzan.

Dukungan dan arahan dari para pembina ini menjadi landasan yang kokoh bagi kelangsungan dan keberhasilan organisasi dalam mengemban misi dan visinya di dunia hiburan komedi Indonesia.

Dalam perjalanannya, PaSKI tidak hanya mendapat arahan dari Pembina PaSKI, tetapi juga banyak nasihat dan arahan dari para penasihat PaSKI, seperti Bapak Rachmat Gobel, Bapak Eko Hendro Purnomo, Bapak Profesor Dailami Firdaus, Bapak H. Agi Sugiyanto, dan Bapak Dedet R Broer.

Kontribusi dan pandangan mereka menjadi tambahan nilai yang sangat berharga dalam pengembangan dan keberlangsungan PaSKI sebagai organisasi yang relevan dan berkualitas di dunia hiburan Indonesia. ***(Guffe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *