May 21, 2024

Salatiga, JNcom – “Sayang tidak sayang itu tergantung niatnya. Saya dulu mendaftar menjadi Taruna TNI niat dan konsekuensinya kontrak mati untuk negara dan bangsa total saya serahkan, apalagi untuk Salatiga tentu saya siapkan demi kemajuan kota Salatiga yang lebih baik”. Hal itu disampaikan Kol AL Haryono Masturi saat menghadiri Deklarasi Gerakan Relawan Pandu Garuda (GRPG), Rabu (1/05/2024) di Salatiga.

Nama Haryono yang santer maju sebagai Walikota Salatiga itu menambahkan, sejak dirinya duduk di bangku SD, SMP hingga SMA, memang dirinya niat untuk kembali ke kampung halamannya untuk menata kota Salatiga agar lebih maju dan tertata.

Menurutnya, ketika dirinya menjadi Taruna dididik untuk menjadi pemimpin, dalam arti pemimpin di lingkungan Militer maupun dituntut untuk menjadi pemimpin di lingkungan birokrasi di mana saja dan kapan saja seperti halnya digambarkan warna baju dinas TNI bermotif doreng artinya mampu hidup berbagai warna di dengah situasi apapun dan mampu beradaptasi di lingkungan manapun.

Mencermati perekonomian warga Salatiga, Haryono memberikan puluhan Gerobag Angkring untuk usaha sehingga diharapkan roda perekonomian ditengah masyarakat bisa berjalan.

Ia mencontohkan, event-event yang pernah ia selenggarakan seperti Motorcross, serta terjun Payung yang banyak mengundang perhatian warga Salatiga lebih dimaksudkan agar Salatiga memiliki warna, otomatis akan menjadi perputaran perekonomian warga masyarakat Salatiga.

Sementara itu, Ketua Umum GRPG Edy Sutardi dalam kata sambutannya
mengingatkan ketika jelang Pemilu agar para Pejabat negara maupun aparat Pemerintah untuk menjaga netralitas mereka menjelang Pemilu 2024 yang telah berlangsung. GRPG juga menolak adanya upaya yang akan mengganggu Stabilitas keamanan NKRI yang pada akhirnya bisa menghancurkan Tata kehidupan bernegara di NKRI.

GRPG yang telah terbentuk 28 Nipember 2017 lebih dimaknai dari kata GERAKAN diartikan Bergerak bersama dalam situasi dan kondisi bagaimanapun GRPG harus ikut bersama-sama Masyarakat melakukan gerakan aktivitas untuk membela serta membantu Masyarakat.

RELAWAN, dimaksudkan Berjuang berdasarkan ketulusan dan keiklasan karena Allah dan Yakin Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Dan PANDU adalah Arah atau Jalan menjunjung tinggi mengusung. Serta GARUDA sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika sesuatu yang Besar harus didukung dengan dasar UUD 45 dan Ideologi Pancasila.

Acara Deklarasi berikut Hallal Bihalal yang berlangsung di rumah Heru Yuwono di lingkungan Gedangan Tuntang secara aklamasi terpilih susunan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Salatiga, Kharis Akbar (Ketua) Wahyu Muwarni (Sekretaris) Romelah (Bendahara) dan Sunarto sebagai Pembina. (NANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *