May 21, 2024

Jakarta, JNcom – Koalisi Pemuda Kota menggelar acara diskusi dengan mengangkat tema “Rekonsiliasi Pasca Pemilu Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa” yang dihadiri sejumlah tokoh dan relawan di kedai Tempo, Jakarta Timur, Jumat (26/4/2024).

Pemilu Pilpres telah selesai, namun proses demokrasi masih terus berjalan. Kini, saatnya memasuki fase rekonsiliasi pasca pemilu untuk merajut kembali persatuan dan membangun bangsa yang lebih kuat.

Ketua panitia penyelenggara Diskusi Koalisi Pemuda Kota, Iwan menjelaskan pentingnya Rekonsiliasi. Menurutnya, Rekonsiliasi adalah kunci untuk melangkah maju sebagai bangsa yang bersatu dan damai.

“Rekonsiliasi bukan berarti menghapus perbedaan pendapat, melainkan menghargai keragaman dan membangun jalan menuju kesepakatan bersama,” ujarnya.

Langkah Menuju Rekonsiliasi bisa dilakukan dengan Dialog Terbuka dan Jujur, Membuka ruang untuk dialog yang jujur dan terbuka antara semua pihak.

Kehormatan Terhadap Institusi Demokrasi: Menghormati integritas dan otoritas institusi demokrasi seperti KPU, lembaga penegak hukum, dan media independen.

Mendorong Toleransi dan Menghargai Perbedaan: Memupuk toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat.

Komitmen terhadap Kepentingan Nasional: Mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan politik dan pribadi.

Membangun Solidaritas dan Kedamaian: Bekerja sama untuk membangun solidaritas dan kedamaian di tengah masyarakat.

Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga keutuhan bangsa.

Mari kita ajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan merekonsiliasi diri demi Indonesia yang lebih baik.

Rekonsiliasi adalah proses yang membutuhkan waktu, komitmen, dan kerja keras. Namun, hasilnya akan membawa kita menuju bangsa yang lebih kuat, bersatu, dan damai.

“Bersama-sama, kita bisa mewujudkannya,” tandasnya menjelaskan. (Bar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *