May 21, 2024

Bandung, JNcom – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/4/2024).

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva usai acara mengatakan kepada awak media, bahwa TNI selalu siap siaga membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Kami TNI selalu siap membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan bencana. Baik itu bencana alam ataupun bencana lainnya,” ucapnya.

“Maka TNI statusnya membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana baik itu di daerah maupun di tingkat nasional,” sambungnya.

Masih kata dia, selama ini TNI selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana atau mitigasi.

“Karena masyarakat kita kalau sudah paham tentang bagaimana pencegahan bencana, maka ketika bencana itu terjadi, mereka bisa menyelamatkan diri dan keluarganya,” ujarnya.

Selaku Danrem 151/Binaiya Ambon yang baru, Antoninho meminta kepada masyarakat Ambon untuk bekerjasama dengan baik agar dapat terwujud sinergitas yang kuat dalam menghadapi bencana.

“Untuk menghadapi setiap bencana membutuhkan kesadaran dan kerjasama, sehingga bisa terwujud sinergitas yang baik. Ya harapannya tentu negara tidak mengalami bencana, jangan sampai ya,” tutupnya. (Christian Butarbutar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *