May 21, 2024

Kelaten, JNcom – Sejak masa Covid-19 (2020-21) pemerintah menggelontorkan sejumlah dana nilainya hingga Triliunan rupiah untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan Prakerja merupakan bantuan pemerintah yang menggunakan dana APBN itu pendistribusian nya baik berupa uang tunai (600 ribu/bulan selama bulan). Sayangnya bantuan tersebut dinilai tidak tepat sasaran. Atas pertimbangan tersebut kini bantuan Prakerja masyarakat selain mendapat pelatihan / edukasi skill masyarakat juga mendapat uang saku total Rp.700 ribu rupiah.

Sementara untuk memenuhi Program bantuan Prakerja, persyaratan resmi yang terdaftar sebagai peserta antara lain usia minimal 18 dan maksimal 64 tahun dan belum mendapatkan bantuan Prakerja maupun terdaftar penerima PKH dan BOS (sekolah).

Warga yang resmi terdaftar Prakerja akan mendapat bimbingan pelatihan kerja di BLK dan selama dua hari mengikuti Pelatihan peserta akan diantar jemput sesuai alamat titik kumpul serta seusai mengikuti pelatihan peserta akan mendapat uang saku total sebesar Tujuh ratus (700) ribu rupiah

Di Gelombang 63 – 64 Sabtu (20/04) warga desa Sawit Prambanan Klaten sebagian pendaftar telah mengikuti Pelatihan Prakerja. Acara yang berlangsung di Blue Ocean Surakarta itu peserta Prakerja mendapat bimbingan selama dua (2) hari.

Hartono warga desa Sawit mengaku adanya program pelatihan Prakerja bisa menambah ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dan dalam kesempatan itu, Hartono berpesan peserta lain yang mengikuti Pelatihan harap bersabar yang pada nanti akan mengikuti Pelatihan.

“Dengan program Prakerja saya merasa senang sekali karena mendapat pengalaman baru dan bagi yang belum mengikuti Pelatihan mohon bersabar nanti pada gilirannya akan mengikuti pelatihan,” ujar Hartono.

Hal yang sama juga disampaikan Yuliati, ketika dikonfirmasi seputar pelatihan Prakerja dirinya merasa senang dan asyik karena mendapat tambahan ilmu dan pengalaman baru.

Masih di bulan April, pemberangkatan pelatihan gelombang 65 peserta dari desa Geneng dan Sawit juga akan mengikuti pelatihan Prakerja di Semarang pada 24-25 April. Selama dua hari di Semarang peserta Pelatihan akan mendapat bimbingan pelatihan sesuai bidang peserta yang diambil. (Eny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *