May 21, 2024

Benedetto Latteri, Duta Besar Italia untuk Indonesia; Maria Battaglia, Festival Direktur Italian Film Festival dan direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta; Makbul Mubarak, sutradara film Autobiography dalam konferensi pers ITAFF.

Jakarta, JNcom – Pastinya ini merupakan momen yang bersejarah bagi perfilman Indonesia!. Kehadiran Venice International Film Festival di Indonesian Film Festival 2024 pasti akan membawa banyak sorotan dan kegembiraan bagi para pecinta film.

Kolaborasi ini pasti menjadi tonggak bersejarah dalam perkembangan perfilman di Indonesia. Dengan pelaksanaan secara offline di Jakarta dan Bandung, festival ini akan memberikan pengalaman langsung yang mendalam bagi para penonton dan pelaku industri film.

Mulai tanggal 24 hinga 28 April 2024 pecinta film di Jakarta dan Bandung dapt menikmati lima film Italia terbaik yang pernah tayang di Venice International Film Festival 2023 di Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice In Jakarta.

Menjadi kesempatan yang luar biasa bagi pecinta film di Jakarta dan Bandung untuk menikmati karya-karya terbaik dari Italia yang telah dipilih dengan cermat dari Venice International Film Festival 2023.

Penonton bisa datang langsung ke Istituto Italiano di Cultura (Pusat Kebudayaan Italia) di Jakarta dan Institut Francais (IFI) Bandung untuk menonton semua pemutaran film secara gratis.

Pernyataan Duta Besar Italia, Benedetto Latteri, menegaskan betapa pentingnya dukungan dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Italian Film Festival selama dua tahun terakhir. Ini menunjukkan bahwa acara tersebut telah berhasil membangun hubungan budaya antara Italia dan Indonesia melalui seni perfilman. Saat jumpa pers di Istituto Italiano di Cultura Jakarta, di Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

“Pentingnya edisi ketiga Italian Film Festival sebagai respons terhadap permintaan yang kuat dari pecinta film di Indonesia untuk menikmati karya-karya terbaik dari Italia,” ucap Dubes Benedetto Latteri.

“Kemitraan antara Italian Film Festival dan Venice International Film Festival akan memberikan sentuhan khusus pada acara tahun ini, menambah semarak dan prestise festival,” imbuhnya.

Festival Film Italia ini menurut Dubes Italia sangat penting karena menjadi sarana pertukaran budaya dan menjadi media bagi para sinefil Indonesia untuk mengakses film-film Italia. Festival ini juga menandai 75 tahun hubungan antara Indonesia dan Italia, jelasnya.

Sementara itu Maria Battaglia, Festival Direktur Italian Film Festival dan direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta mengatakan, Italian Film Festival 2024: Venice In Jakarta merupakan hasil kerjasama kami yang pertama dengan Venice International Film Festival.

Lanjutnya, menjadi sebuah kehormatan dapat menghadirkan festival film tertua di dunia yang sudah ada sejak tahun 1932 dan tersohor ke hadapan penikmat film Indonesia. Melalui ITAFF 2024: Venice In Jakarta.

“Kami harap dapat menambah antusiasme penonton Indonesia terhadap film-film Italia dan semangat baru untuk berkarya bagi pembuat film dengan filmmaker dari Italia,” ujarnya.

Kelima film yang tayang di Italian Film Festival 2024 (ITAFF): Venice In Jakarta pada tanggal 24 – 28 April 2024 dipilih dari edisi ke-80 Venice International Film Festival 2023. Festival yang dikenal dengan ikon singa ini memutar berbagai film internasional bergengsi.

Film Internasional bergengsi ini karya sutradara Italia terkenal seperti Luca Guadagnino, Luchino Visconti, Federico Fellini, hingga Paolo Sorrentino.

Selain itu, filmmaker Indonesia seperti Sidi Saleh (Maryam, 2014), Garin Nugroho (Kucumbu Tubuh Indahku, 2018), Aditya Ahmad (Kado, 2018), Makbul Mubarak (Autobiography, 2022) terpilih dalam kompetisi utama di Venice International Film Festival.

Maryam berhasil menjadi film Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan Film Pendek Terbaik dalam kategori Venice Short Horizon Awards tahun 2014, diikuti Kado yang menang di kategori serupa pada tahun 2018.

Di tahun 2022, Autobiography berhasil membawa pulang Fipresci Prize untuk Film Terbaik dalam kategori Orizzonti.

Makbul Mubarak menyebut, di tahun 2017 kami berkesempatan memaparkan rencana produksi film Autobigraphy di Torino Film Lab di Italia yang membuka banyak pintu dalam mencari mitra ko-produksi internasional.

“Film ini memulai produksinya di Italia dan akhirnya Autobiography bisa tayang perdana di dunia lewat Venice International Film Festival 2022,” sebutnya.

“Saya pun bangga mengatakan bahwa Italia menjadi salah satu negara yang mendukung keberhasilan film Indonesia,” ucap Makbul Mubarak, sutradara film Autobiography dalam konferensi pers ITAFF.

Berikut adalah film-film yang hanya diputar khusus di Istituto Italiano di Cultura Jakarta, CGV Grand Indonesia dan Institut Francais Bandung (1). Comandante (2023) 120 menit, 21+; (2). Adagio (2023) 127 menit, 21+; (3). Enea (2023), 117 menit, 21+ ; (4). UV Ordine Del Tempo (The Order of Time), 113 menit, 17+; (5). Bellissima (Beautiful) – 1951, 114 menit – 13+.

Festival akan dibuka dengan Comandante, sebuah film aksi-drama karya Edoardo de Angelis. Film ini berhasil memenangkan Desain Set Terbaik di Venice International Film Festival 2023 dan meraih nominasi Golden Lion untuk kategori Film Terbaik.

Terinspirasi dari kisah nyata, Comandante yang diperankan oleh aktor terlaris se-ltalia Pierfrancesco Favino, bercerita tentang kebimbangan seorang kapten kapal perang dalam melawan musuh atau menyelamatkan anggota timnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ITAFF 2024: Venice In Jakarta akan ditutup dengan film klasik Italia Bellissima (Beautiful) karya sutradara legendaris Luchino Visconti, yang telah di restorasi 4K oleh CSC-Cineteca Nazionale. Bellissima menampilkan akting terbaik dari aktris Italia Anna Magnani.

Dimana ia memenangkan penghargaan aktris terbaik dari Italian National Syndicate of Film Journalist di tahun 1952.

Mengisahkan seorang Ibu yang mencoba berbagai cara agar anaknya terpilih menjadi aktris cilik. Didukung oleh CSC-Cineteca Nazional di Italia, salah satu pusat pengarsipan film terbesar di dunia.

Bellissima berhasil mendapatkan nominasi Film Restorasi Terbaik di Venice International Film Festival 2023 dan bisa ditonton di ITAFF 2024: Venice In Jakarta pada Minggu 28 April 2024.

Tidak hanya di Jakarta, Italian Film Festival 2024: Venice In Jakarta juga diadakan di Bandung, tepatnya di Pusat Kebudayaan Prancis (IFI) Bandung secara gratis.

Penonton umum dan sinefil bisa menonton di IFI Bandung mulai dari tanggal 26-28 April 2024.

Tiket menonton Italian Film Festival 2024: Venice in Jakarta dapat diperoleh secara langsung di lokasi festival satu jam sebelum film diputar. Pastikan untuk mengecek kapasitas kursi di lokasi pemutaran sebelum menyaksikan film dan datang tepat waktu. ***(Guffe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *